Operator SD/SMP Toba Dibimbing Soal Bantuan Dana ke Kementerian

MC – Toba, – Sebanyak 40 orang operator SD/SMP di Kabupaten Toba mendapat fasilitas dan bimbingan dari Dinas Pendidikan untuk membuat permohonan bantuan dana ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Ke-40 unit SD/SMP itu akan mendapat bantuan dana dari pemerintah.

“Bantuan pemerintah namanya. Besar bantuannya sekitar Rp50 sampai Rp.90 juta per unit sekolah,” kata Plh.Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan, Rikardo Hutajulu di Gedung Olahraga Sentra Pemuda Soposurung, Balige, Rabu (28/7/2021).

Tetapi supaya bantuan dana bisa turun, lanjut Rikardo, sekolah yang ditetapkan sebagai penerima, diwajibkan mengajukan permohonan bantuan sesuai kebutuhannya.

“Untuk kepentingan itu, kami membimbing dan memandu 40 orang operator SD dan SMP yang ditetapkan sebagai penerima, membuat permohonan sesuai kebutuhan sekolah masing-masing,” terangnya.

Rikardo juga mengatakan, kalau sudah turun dananya, sebagian besar akan dialokasikan ke pengadaan mobiler sekolah. Karena keluhan yang ia terima dari guru dan berdasarkan hasil monitoringnya di lapangan, mobiler sekolah yang kurang.

“Jadi dananya nanti sebagian besar akan diperuntukkan ke pengadaan mobiler, karena itu keluhan guru yang saya terima dan dari hasil monitori kami di lapangan, mobiler yang kurang,” katanya.

Menurutnya, jika sudah terealisasi, bantuan dana itu nantinya, akan langsung ditransfer ke rekening sekolah masing-masing penerima.