Menombak Ikan di Danau Toba Akan Diperlombakan

Komunitas Spearfishing Danau Toba menyampaikan kepada Pemerintah Kabupaten Toba, adanya rencana pelaksanaan lomba spearfishing atau menombak ikan di Danau Toba. Kegiatan ini juga sebagai salah satu upaya mendukung pariwisata Danau Toba.

Hal ini dikatakan Ketua Komunitas Spearfishing Danau Toba, Rasid Pardede saat beraudiensi dengan Bupati Toba Ir. Poltak Sitorus di Ruang Kerja Bupati Toba, Kamis (13/10/2022).

Menurut Rasid, perlombaan menombak ikan atau berburu ikan dengan alat-alat tradisional hingga menyelam tanpa alat bantu merupakan salah satu peninggalan leluhur masyarakat di pesisir Danau Toba yang perlu dilestarikan dan dapat menarik minat pengunjung ke Danau Toba.

Dikatakannya lagi, bahwa Komunitas Spearfishing Danau Toba bukan hanya sebatas komunitas penangkap ikan namun komunitas yang juga turut memperkenalkan berbagai objek wisata air yang ada di Danau Toba.

Promosi wisata yang dilakukan melalui kegiatan menyelam dan bersantai di tengah danau Toba serta pemandu wisata ke lokasi wisata yang tidak dapat ditempuh dengan transportasi darat.

Menanggapi hal itu, Bupati Poltak Sitorus menyambut baik keberadaan Komunitas Spearfishing Danau Toba.

Ia juga meminta agar komunitas ini turut terlibat dalam mengatasi ikan merah yang menjadi hama bagi populasi ikan Danau Toba,

Selain itu, Bupati juga berharap komunitas ini dapat lebih kreatif dan inovatif dalam memperkenalkan keistimewaan wisata Danau Toba kepada wisatawan terlebih menjelang perhelatan ajang F1H20 di tahun 2023.

Komunitas ini dapat dilibatkan nanti, karena telah memiliki kemampuan dasar dalam wisata air. Baik itu kemampuan menyelam dan pengenalan akan wisata dalam air.

“Kita Pemkab menyambut positif komunitas ini dan akan mendukung, melalui Dinas Pariwisata dan Koperindag saya minta untuk komunitas ini di berikan perhatian dan pelatihan. Baik kelengkapan peralatan, pendanaan bahkan peningkatan kemampuan, ajak juga dinas terkait seperti BPBD agar mereka dilatih untuk meningkatkan kemampuan menyelam bawah air dari komunitas ini hingga memiliki sertifikat yang diakui agar Komunitas ini ikut dilibatkan di ajang F1H20 nantinya,” kata Bupati Poltak Sitorus.

Sebelum menutup pertemuan, Bupati Poltak Sitorus berharap Komunitas Spearfishing Danau Toba bisa memberikan sesuatu hal yang berbeda dan unik dalam mendukung kepariwisataan di Kabupaten Toba dibandingkan daerah-daerah lain di sekitar Danau Toba.

Turut mendampingi bupati, Plt. Kadis Pariwisata Rusti Hutapea, Plt. Kadis Koperindag, dan Kabag Prokopim Try Sutrisno P. Samosir. (MC Toba)

website - sekabet -

Sağlık Makaleleri