Masyarakat Desa Wisata Lumban Bulbul Sudah Melek Pengelolaan Sampah

Bupati Toba, Poltak Sitorus mengapresiasi upaya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI atau disingkat Kemenparekraf melalui Koordinator Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan,untuk meningkatkan kebersihan di desa wisata pantai pasir putih Danau Toba,Desa Lumban Bulbul.Masyarakat semakin menjaga kebersihan dari sampah dan mengantisipasi timbulnya penyakit.Di samping itu ,bisa menjadikan sampah anorganik menjadi uang bila ditukar ke Bank Sampah Tarhilala.

Apresiasi ini disampaikan Bupati Poltak dalam sambutannya pada Acara Hari Puncak Program Pengelolaan Sampah di Destinasi Wisata Pantai Lumban Bulbul Tahun 2022 di Desa Lumban Bulbul , Kecamatan Balige, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatra Utara, Kamis (17/11/2022).

Hal lainnya yang disampaikan adalah tentang sikap menghormati dengan Salam Batak Naraja kepada wisatawan layaknya Tulang dan Nantulang dalam kekeerabatan suku Batak.

Kepada warga setempat yang umumnya adalah pelaku usaha wisata , Bupati Poltak juga memesankan empat hal melayani wisatawan,yaitu bersih,rapi,ramah ,dan harga yang wajar.

Disosialisasikan juga dua agenda wisata di daerah ini yaitu Lomba Marathon pada 27 November 2022 dan Ajang Internasional Perahu Motor F1H2O pada 24-26 Ferbruari 2023 mendatang.

Sebelumnya Koordinator Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan,Muhammad Nurdin menyampaikan bahwa kegiatan ini acara puncak pendampingan masyarakat ini sudah berlangsung sejak tahun 2021. Pihaknya bekerja sama dengan Bank Sampah Tarhilala.

” Kegiatan diantaranya Sosialisasi pengolahan sampah dan digitalisasi pengelolaan sampah.Ini untuk meningkatkan nilai ekonomi dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan kebersihan sampah di Danau Toba,” kata Muhammad Nurdin.

Selanjutnya Waste Management Specialist, Fei Febri selaku Pengelola Bank Sampah Tarhilala di Kabupaten Toba juga memaparkan kemajuan pendampingan dimana masyarakat sudah aktif memilah sampah anorganik , mengolah sampah ,enceng gondok menjadi kerajinan tangan .Kemudian warga juga sudah paham mengolah sampah organik untuk menjadi makanan maggot.

Dalam kesempatan tersebut,Bupati Poltak Sitorus,Muhammad Nurdin, Fei Febri,dan Kadis LH Kabupaten Toba,dr. Rajaipan Sinurat memberikan hadiah kepada warga peraih juara 1-3 ,penyetor sampah terbaik ke Bank Sampah Tarhilala.

Turut hadir Kadisbupar Kabupaten Toba diwakili Tulus Hutabarat,Sustainability Development Head Danone Indonesia,Annie, Kepala Desa Lumban Bulbul, Melva Panjaitan ,Kabag Prokopim ,Try Sutrisno Pandapotan Samosir, Kabid PIKP Dinas Kominfo, Rikardo Simamora,dan lainnya. (MC Toba)

website - sekabet -

Sağlık Makaleleri