Lumban Sipariama Pardede Onan Balige Dicanangkan sebagai Desa Wisata

Pemerintah Kabupaten Toba mengucapkan rasa bangga atas peranan dan kontribusi keluarga Pardede dalam pembangunan Kabupaten Toba, secara khusus di Kota Balige.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Toba, Tonny M. Simanjuntak saat menghadiri pencanangan Desa Wisata Huta Sipariama dan Peresmian Ruma Parsaktian Raja Pandua Domitian Pardede, yang berlokasi di Lumban Sipariama Nagatimbul, Pardede Onan, Balige, Senin 4 juli 2022.

“Dengan pencanangan Desa Pariwisata di Lumban Sipariama, yang pasti Kami dari Pemerintah Kabupaten Toba sangat mendukung. Karena bisa kita lihat, (disini) ada Ruma Parsaktian, Home Stay, Minimarket, dan Taman. Apalagi setelah ditetapkannya Kabupaten Toba sebagai destinasi wisata super prioritas,” ujar Wabup Tonny.

Lokasi wisata ini memiliki view langsung menghadap ke Danau Toba, Dolok Tolong, dan Kota Balige. Pemandangan akan lebih indah apabila dilihat dari lantai atas Homestay.

Pemerintah Kabupaten Toba juga siap bersinergi dengan anak rantau, dan masyarakat yang tinggal dikampung, untuk berkontribusi membangun Kabupaten Toba.

Sebelumnya, Soy Pardede selaku pemilik dan keturunan Raja Pandua Domitian Pardede mengucapkan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Toba atas perhatiannya, mulai dari tahap perencanaan, pembangunan, hingga peresmian pada hari ini dapat terlaksana.

Dalam kesempatan yang baik ini, Soy Pardede juga berpesan kepada pengusaha dan perantau asal Toba agar kembali mengamalkan pesan “Martabe” (Marsipature huta na be), seperti yang pernah digaungkan oleh Raja Inal Siregar saat menjabat sebagai Gubernur Sumatera Utara dulu.

Setelah mendengarkan kata sambutan, para undangan menanam pohon di area sekitar taman.

Selanjutnya sesi foto bersama dan acara ibadah.

Turut hadir mendampingi Wakil Bupati, Plt. Kadis Pariwisata, Rusti Hutapea, Plt.Kadis Perkim, Tagor Siburian, Inisiator IAS toba, Ir. Parlin Sianipar, Kapolsek Balige, Lurah pardede onan, dan undangan lainnya.

website - sekabet -

Sağlık Makaleleri