LPEI Beri Bantuan Alkes Penanganan Covid-19 kepada Pemkab Toba

MC – Toba, – Pemerintah Kabupaten Toba menerima bantuan sejumlah alat kesehatan (Alkes) dari Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) bertempat di Dinas Kesehatan Kabupaten Toba, Senin (20/9/2021).

Bantuan diterima langsung oleh Bupati Toba Poltak Sitorus dari pihak LPEI yakni Direktur Pelaksana LPEI Henry Sihotang didampingi Teddy Sandriadi Kepala Kanwil Ditjen Kekayaan Negara yang diwakili Hendry Tobing selaku Kabid Penilaian, Kepala Cabang LPEI Medan Nugroho serta Kristi, dan Maria sebagai perwakilan LPEI Peduli.

Turut hadir Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Toba, dr.Juliwan Hutapea, Kabag Perekonomian Eston Sihotang, para Kepala Puskesmas Kabupaten Toba, dan tokoh masyarakat Parlin Sianipar.

Alkes yang diterima diantaranya 38 buah tabung oksigen, 10.000 masker kain dan sarung tangan medis sebanyak 400 pasang, untuk disebar kepada 19 puskesmas dan ruang isolasi terpadu.

Bupati Toba Poltak Sitorus mengucapkan terimakasih atas diberikannya bantuan ini.

“Kami ucapkan terimakasih, Pemkab Toba sangat terbantu dengan pemberian ini dalam upaya penanggulangan Covid-19, serta upaya penanganan dan perawatan pasien yang terpapar Covid-19,”sebut Bupati Poltak Sitorus

Selanjutnya Poltak Sitorus menyapa serta mengedukasi ratusan masyarakat yang tengah melaksanakan vaksinasi dosis dua di komplek Dinas Kesehatan itu.

“Kami imbau kepada kita semua untuk selalu disiplin mematuhi prokes, dimana dan kapan saja, mari terus bergotong royong dalam upaya menanggulangi sebaran Covid-19, salah satunya menerapkan dan mematuhi prokes 5M,” katanya.

Sebelumnya pihak LPEI Henry Sihotang berharap melalui bantuan tersebut dapat bermanfaat dalam membantu tenaga kesehatan akan fasilitas kesehatan.

“ LPEI tujuan utamanya adalah untuk mendorong kegiatan ekspor nasional.Kebetulan dalam rangka HUT LPEI yang ke -12 kami merasa bahwa lembaga ini juga perlu memberi perhatian kepada masyarakat dalam membantu dalam menyukseskan program pemulihan ekonomi nasional,” kata Henry Sihotang.

 Yaitu dalam mendukung pelayanan kesehatan bagi pasien Covid-19 dan pelayanan terhadap masyarakat, salah satunya dukungan pelayanan vaksinasi.

Bantuan diserahkan LPEI secara simbolik kepada Bupati Poltak dan selanjutnya Bupati Toba Poltak Sitorus kemudian menyerahkan tabung oksigen kepada Kepala Puskesmas Balige, Soposurung, dan Kepala Puskesmas Tampahan.