Koramil 13 Porsea Utamakan Pendekatan Humanis,Tegakkan Prokes Di Toba

MC – Toba – Guna menekan penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat, Tentara Nasional Indonesia (TNI) memberikan peran penting dalam mengedukasi, mengawasi bahkan menegakkan penerapan protokol kesehatan (Prokes).

Di Kabupaten Toba, hal itu secara gencar dilakukan, sebab TNI adalah bagian dari Satuan Tugas Penanganan Covid-19.

“Sebagai bagian petugas Satgas Covid-19 dituntut profesionalisme kerja dan sinergitas dengan stakeholder petugas lainnya,” ujar Komandan Rayon Militer 13 Porsea Kodim 0210/TU Kapten Inf. T. Lumbantoruan, Selasa (27/7/2021).

Menurut Danramil T. Lumbantoruan, pihaknya sering menghadapi berbagai polemik di tengah masyarakat, misalnya perbedaan komunikasi saat penegakan prokes, namun mau tak mau, harus kita lalui secara humanis.

Tujuannya untuk menghindari munculnya permasalahan yang tidak diinginkan, misalnya saat penertiban kegiatan yang melanggar prokes dan pemakaman jenazah yang terpapar Covid-19 sering menimbulkan perbedaan pendapat, padahal SOP sudah jelas.

“Di samping pendekatan humanis, kita juga musti dituntut siap untuk penegakan prokes sesuai aturan, namun kita selalu mengedepankan pendekatan yang humanis namun tegas dan terukur, hal ini demi kesehatan kita, keluarga dan lingkungan aman dari serangan Covid-19,” sebutnya.

“Kami dari TNI berharap kiranya masyarakat dapat memahami betul bahaya pandemi, agar dapat bersama menanggulanginya, sebab Satgas butuh dukungan dari seluruh unsur masyarakat.Mari selalu mematuhi prokes dan PPKM untuk memutus mata rantai penyebaran corona di Toba,” sambung Danramil T. Lumbantoruan.