KKN Mahasiswa Unimed Medan Terapkan Prokes di Toba

MC – Toba, – Sebanyak 7 orang mahasiswa Universitas Negeri Medan (Unimed) sejak tanggal 22 Juli 2021 hingga 16 Agustus 2021 mendatang, menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Hutagaol Peatalun, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba, Sumut.

Sebanyak 5 orang merupakan mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, dan 2 orang lagi dari Fakultas Teknik Jurusan Pendidikan Teknik Mesin.

Mereka mengintegrasikan pendidikannya sebagai pengabdian kepada masyarakat dengan memberikan pembelajaran kepada siswa SD dan SMP yang saat ini masih melakoni pembelajaran sistim daring dan luring.

Caranya, para mahasiswa menyambangi anak-anak dengan door to door serta membentuk kelompok kecil dengan pembatasan peserta saat memberikan pembelajaran di Dusun 3, Desa Hutagaol Kecamatan Balige ,Toba.

“Kami memberikan pembelajaran dan berdiskusi dalam menyelesaikan tugas-tugas pekerjaan rumah yang diberikan guru kepada mereka,” ujar Esra Manurung, salah seorang mahasiswa, Kamis (5/8/2021).

Disamping kegiatan pembelajaran, saat ini kami mencoba melakukan pendekatan kepada kaum remaja milenial untuk merencanakan kegiatan sosial dalam menyemarakkan peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI.

Dimana nantinya kegiatan tersebut dipastikan akan mengedepankan penerapan protokol kesehatan (Prokes),.

“Demikian juga seluruh rangkaian perkuliahan kami selama disini, tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19 guna menghindari penyebaran COVID-19,” kata Esra didampingi rekannya Arahon Purba dan Ronaldo Simangunsong Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Mesin.

Kepala Desa Hutagaol Bona Parlin Hutagaol membenarkan kehadiran para mahasiswa di desanya. Dia selalu mengimbau setiap melakukan pembelajaran kepada anak-anak harus selalu menerapkan prokes.

Kami berharap kehadiran para mahasiswa akan menyemangati anak-anak untuk tetap belajar walau ditengah keterbatasan sarana maupun prasara akibat pandemi COVID-19 yang masih berlangsung.

“Tidak boleh lengah dan anggap enteng untuk mewaspadai penyebaran COVID-19,” sebut Kades Bona Parlin Hutagaol.