Kepala BPBD Toba: Masyarakat Antusias Ikuti Vaksinasi

MC – Toba, – Setelah mendapatkan 50.000 dosis vaksin Sinovac dari pemerintah pusat, para tenaga kesehatan di Kabupaten Toba, Sumatra Utara telah memulai vaksinasi bagi masyarakat sejak Senin (16/8/2021) hingga Selasa (24/8/2021).

Dari pengamatan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Toba dr. Pontas Batubara, masyarakat Toba antusias mengikuti vaksinasi tersebut.

Menurutnya, antusias masyarakat akan mempercepat herd immnunity guna menanggulangi paparan COVID-19. “Kalau saya lihat di lapangan, masyarakat sangat antusias untuk mengikuti vaksinasi ini. Kalau saya lihat, misalnya di Dinas Kesehatan, Kantor Kelurahan, Kantor Camat Balige yang menangani para pedagang pasar itu banyak,” ujar Pontas Batubara, Rabu  (25/8/2021).

Ia juga menjelaskan bahwa, di beberapa lokasi vaksinasi, jumlah penerima vaksin bisa mencapai angka 500 hingga 1.000 orang. “Kita sudah mencapai antara 500 hingga 1.000 penerima vaksin dari yang sudah kita terima 50 ribu vaksin,” sambung dia. Vaksinasi masih terus berlanjut sampai dosis vaksin tersebut dipergunakan.

Untuk saat ini kata dia, masih berlanjut. “Kita harapkan secepatnya masyarakat mendapatkan vaksin tersebut. Untuk September dan Oktober, vaksinasi dosis kedua akan berlanjut lagi,” tambah dia.

Dengan adanya vaksinasi tersebut, ia yakin aktivitas masyarakat seperti biasanya dapat berjalan dengan tetap menjalankan protokol kesehatan (prokes) secara ketat.

“Kalau ini sudah kita penuhi, maka herd immunity, kemungkinan besar Toba akan bisa PEN dengan tetap prokes secara bersama-sama. Kalau sampai sekarang, sudah lebih dari 20 ribu vaksin yang dipakai,” tutup dia.