Kementerian PUPR Gelar Rapat Pengkajian Penetapan Garis Sempadan Danau Toba

MC – Toba, – Bupati Toba Poltak Sitorus mengajak semua peserta rapat memahami dasar hukum kajian penetapan garis sempadan Danau Toba.

Hal ini dikatakan Bupati Poltak Sitorus dalam sambutannya pada Rapat Pengkajian Penetapan Garis Sempadan Danau Toba, yang dilaksanakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Balai Wilayah Sungai Sumatra II di Gedung Pertemuan Hotel Serenauli, Laguboti, Selasa (28/9/2021).

Menurut Bupati Poltak Sitorus, melalui rapat ini diharapkan semua peserta mempunyai pemahaman yang benar mengenai Permen PUPR No.28/ PRT/M/2016 tentang Penetapan Garis Sempadan Sungai dan Garis Sempadan Danau.

Termasuk kajian aspek penetapan sempadan danau meliputi aspek hukum (peruntukan lahan,status kepemilikan lahan), lingkungan, sosial, ekonomi, dan teknis.

Rapat ini akan berlangsung selama dua hari yaitu tanggal 28-29 September 2021. Dengan pembatasan jumlah peserta serta penerapan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Peserta hari pertama para camat, kepala desa, dan tokoh masyarakat dari 23 desa yang tersebar di Kecamatan Ajibata, Lumbanjulu, Uluan, Porsea, dan Siantar Narumonda.

Untuk hari kedua, peserta dari 26 desa asal Kecamatan Sigumpar, Laguboti, Balige, dan Tampahan.

Turut hadir Wakil Bupati Toba Tonny. M. Simanjuntak, Sekdakab Toba Audi Murphy O. Sitorus,pimpinan OPD terkait.

Sebagai narasumber salah satunya Ir.Herbet Sihite , pejabat dari Balai Wilayah Sungai Sumatra II.