Kelola Dana BLU, BPODT Tanda Tangani Kerja Sama dengan BRI

MC – Toba, – Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) akan bekerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) dalam hal pengelolaan dana Badan layanan umum (BLU) yang berada di naungan Kemenparekraf/Baparekraf RI ini.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama pihak BPODT dan BRI Wialyah Sumatra Utara di Medan, Senin (6/9/2021.

“Kerja sama ini diharapkan akan berjalan dalam jangka panjang mengingat ke depan para investor yang tertarik untuk berinvestasi di Lahan Zona Otorita Danau Toba akan menanam modal dalam jumlah besar di lahan yang dikelola oleh BPODT. Banyak tantangan sebagai BLU yang mana pada pelaksanaannya beroperasi seperti setengah BUMN dan setengah pemerintahan yang memiliki misi sosial karena itu harus menjadi bagian dalam program BLU,” sebut Dirut BPODT Jimmy Bernando Panjaitan.

Terpisah Kepala Divisi Komunikasi Publik (Komlik) BPODT Mosanda Tampubolon memberikan keterangan lanjutan bahwa kerja sama pengelolaan BLU BPODT dengan BRI dilakukan sebagai bentuk komitmen dalam upaya pengelolaan pemasukan penerimaan negara bukan pajak (PNBP) sejak ditetapkannya BPODT sebagai BLU oleh Direktorat Pembinaan Pengelolaan Keuangan BLU pada Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan.

Pada kesempatan tersebut, lanjutnya, CEO BRI Regional Sumatra Utara, Ariesta Krisnawan menyampaikan terima kasih telah memberi kepercayaan kepada Bank BRI sebagai pengelola dana BLU BPODT.

Dikatakan bahwa kerja sama ini mungkin ini bukan puncak dari beauty contest namun permulaan dari bisnis ke depan yang akan dilakukan

Diharapkan BPODT dengan BRI nantinya tetap dapat melakukan kerja sama di bidang lainnya.

Kerja sama ini nantinya bukan hanya sekedar pengelolaan keuangan seperti pembukaan rekening dan pengelolaan pendapatan saja, namun harapannya juga dapat membantu mencarikan investor ataupun financing investor yang akan menanamkan modal di Lahan Zona Otorita.

BRI juga juga telah membentuk klaster UMKM di kawasan Danau Toba, pembangunan ekosistem pariwisata dari hulu ke hilir juga menjadi salah satu hal yang menjadi fokus dari BRI. Bank BRI memiliki banyak unit kerja di kawasan Danau Toba wujud dari komitmen BRI dalam mendukung BPODT dalam pembangunan dan pengembangan Kawasan Danau Toba.

Disampaikan Mosanda, bahwa Ariesta Krisnawan juga menegaskan dengan terlaksananya penanda tanganan kerja sama ini harapan ke depan selain dapat menjadi mitra dalam segi pengelolaan dana BLU BPODT, BRI juga akan membantu kebutuhan internal BPODT seperti bisa memberikan fasilitas seperti pay roll dan lain-lain.

Turut hadir pada acara ini ,Executive Vice President Retail Payment Division BRI, Regional Consumer Banking BRI, Kepala Bagian Mass Funding BRI, Direktur Keuangan Umum dan Komunikasi Publik BPODT, serta Kepala Divisi Keuangan yang turut menyaksikan penandatanganan kerjasama antara BPODT dan Bank BRI.