Kecamatan Uluan Sediakan Lahan Pertanian Jagung Seluas 743 Hektare

MC – Toba, – Camat Uluan Henry Butarbutar menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Toba Poltak Sitorus dan Wabup Tonny M.Simanjuntak bersama jajaran yang turun langsung memberikan bibit jagung program Pemulihan Ekonomi di masa pandemi COVID-19 ini kepada warganya para kelompok tani.

Kami dari kecamatan Uluan menyampaikan terimakasih kepada Pak Bupati yang turun langsung ke kawasan kita ini. Luas sawah di kecamatan kita ini sekitar 1.296 hektare.

“Tapi untuk Indeks Pertanaman tipe 2, padi-jagung ada sekitar 743 hektare,” ujar Camat Uluan Henry Butarbutar pada penyerahan bantuan bibit jagung unggul di Kecamatan Uluan pada Jumat (6/8/2021).

Selain penanaman padi pascapanen padi, sejumlah petani di Kecamatan Uluan juga membudidayakan ikan. Setidaknya, ada seluas 33 hektar lahan yang diperuntukkan untuk budidaya ikan.

“Terus IP 2, padi-padi kurang lebih 500 hektar dan 33 hektar lainnya yakni padi – budidaya ikan,” ungkapnya.

Hingga saat ini, luas lahan yang siap tanam sebanyak 250 hektar dari 743 hektar. Estimasi bibit jagung untuk satu hektar adalah 15 kilogram.

Untuk lahan yang siap tanam itu seluas 250 hektar yang terdiri dari 4 desa. Untuk desa yang lain dari 743 hektar itu akan selesai pada bulan September.

“Bibit jagung yang sudah masuk ke kita sebanyak 1,5 ton untuk mencukupi 100 hektar,” sambungnya.

Ia berharap Pemerintah Kabupaten Toba segera menyalurkan bibit jagung untuk lahan yang siap tanam. Jadi, 250 hektare sudah siap tanam bulan Agustus ini. Maka, kami mohon kekurangan agar bisa segera dipenuhi.

Lahan yang berkisar 700 -an Hektara tersebut merupakan lahan dari 46 kelompok tani di 15 desa Kecamatan Uluan.

“743 hektar ini berasal dari 46 kelompok tani yang terdiri dari 15 desa. Karena prokes, yang menerima bantuan bibit hanya utusan dari 17 kelompok tani saja, walaupun mereka meminta agar ikut di sini,” sebut Camat Uluan Henry.

Terkait hal ini, Bupati Toba Poltak Sitorus menyampaikan agar penyaluran bibit jagung unggul benar-benar terlaksana dengan baik.

“Kita pastikan penyaluran bibit dan kualitas jagung terjamin. Saat ini, petani kita di Kecamatan Uluan sudah siapkan lahan seluas 743 hektar,” kata Bupati Poltak Sitorus.