Kasus Covid -19 di Kecamatan Borbor Paling Sedikit se-KabupatenToba

MC – Toba, – Dari 16 kecamatan di Kabupaten Toba, Provinsi Sumatera Utara, terdapat 5 kecamatan penyebaran Covid-19 di bawah 50 kasus. Di antaranya tercatat bahwa di Kecamatan Borbor paling sedikit jumlah kasus Covid-19 di daerah itu.

Sejak pandemi ini merebak hingga saat ini, jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 di Kecamatan Borbor sebanyak 11 kasus. Dimana ke- 11 terkonfirmasi positif itu sudah sembuh, sementara kasus pasien meninggal dinyatakan nihil.

Hal itu sesuai update peta persebaran Covid-19 Kabupaten Toba pertanggal 5 September 2021, yang disampaikan Jurubicara Satgas Covid -19 Kabupaten Toba Lalo Hartono Simanjuntak, Senin (6/9/2021).

Menurut Lalo Hartono, selain Kecamatan Borbor, ada 4 kecamatan lainnya jumlah terkonfirmasi dibawah 50 yakni Kecamatan Tampahan dan Kecamatan Nassau, masing-masing sebanyak 42 terkonfirmasi.

Dari ke- 42 terkonfirmasi di Kecamatan Tampahan, pasien aktif dinyatakan nihil, pasien sembuh 39 dan 3 kasus pasien meninggal, sementara di Kecamatan Nassau, dari ke 42 terkonfirmasi, terdapat 1 pasien aktif terdapat, 40 pasien sembuh dan 1 kasus pasien meninggal.

Kecamatan lainnya yakni Kecamatan Bonatua Lunasi sebanyak 45 terkonfirmasi, dengan 4 pasien aktif, 37 pasien sembuh dan 4 kasus pasien meninggal.

Sementara itu, di Kecamatan Habinsaran jumlah terkonfirmasi sebanyak 49, dengan 2 pasien aktif, 44 pasien sembuh dan 3 kasus pasien meninggal.

11 Kecamatan lainnya di Toba, jumlah terkonfirmasi positif, pasien aktif dan pasien sembuh, diatas jumlah 50 hingga ratusan kasus, sesuai update peta persebaran.

“Dalam laporan update h 5 September 2021, bertambah 9 terkonfirmasi baru, sementara pasien sembuh dan pasien kasus meninggal nihil.Jadi total kasus Covid-19 Toba menjadi 2.318 kasus dengan rincian, 2.073 pasien sembuh, 142 pasien aktif dalam perawatan dan 103 kasus pasien meninggal, ditambah 184 warga sedang kontak erat dengan pasien aktif,” terang Lalo Hartono.

Satgas Covid-19 Toba melalui Lalo Hartono, kembali mengimbau masyarakat agar tetap menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan, guna mengantisipasi lonjakan sebaran Covid-19.

“Mari terus disiplin prokes. Memakai masker, rajin mencuci tangan dengan sabun di air mengalir,, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas, “tandasnya.