Kapolres Toba Pimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci

MC – Toba, – Kapolres Toba AKBP Akala Fikta Jaya memimpin apel kehormatan dan renungan suci di Makam Bahagia, Soposurung Balige, Kabupaten Toba. Apel digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Republik Indonesia.

Rombongan Bupati Toba Poltak Sitorus dan Forkopimda tiba sekitar pukul 23.50 Wib dan langsung memasuki area makam, Senin (16/8/2021).

Kapolres Akala bertindak sebagai inspektur membacakan naskah apel kehormatan dan renungan suci.

“Kami yang hadir pada hari ini, Selasa 17 Agustus 2021 pukul 00.00 Wib, pada upacara apel kehormatan dan renungan suci, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-76 proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2021, disini terbaring jasad para pahlawan, terdiri dari TNI Angkatan Darat 5 orang, TNI Angkatan Laut Nihil, TNI Angkatan Udara Nihil, Polri Nihil, Pahlawan Tidak Dikenal 24 orang, Pejuang rakyat Nihil.

Menyatakan hormat yang sebesar-besarnya, atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan saudara-saudara sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan, demi kebahagiaan bangsa dan negara.

Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kami juga, dan jalan Dharma bhakti yang saudara-saudara tempuh adalah jalan kami juga.

“Kami berdoa semoga arwah saudara-saudara diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa serta mendapat tempat yang sewajarnya,” sebut Akala membacakan atas nama yang hadir dalam upacara.

Upacara dihadiri Wakil Bupati Toba Tonny M. Simanjuntak, Sekda Audi Murphy O.Sitorus, Kajari Toba Baringin Pasaribu, Pabung Kodim 0210/TU Toba Mayor K. Napitupulu, Danramil 17 Balige Kapt Arh Poltak Pardede dan sejumlah OPD serta pejabat utama Polres Toba.

Dalam kesempatan itu, Kapolres Akala memimpin prosesi mengheningkan cipta.

Upacara itu ditutup dengan peletakan krans bunga sebagai penghormatan terakhir untuk arwah para pahlawan. Sekitar pukul 00.20 Wib, Selasa (17/8/2021) upacara selesai .