Kadis Tenaga Kerja Toba Jalin Komunikasi dengan Pihak Ketiga, Pemberdayaan SDM Lokal

MC – Toba, – Setelah dilantik sebagai Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Toba semenjak 2 pekan lalu, Joni Hutajulu akan melakukan pendekatan dan komunikasi dengan sejumlah pihak ketiga perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Toba.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Toba, Joni Hutajulu di ruang kerjanya, Rabu (1/9/2021).

Menurut Joni Hutajulu, pihaknya sudah menjadwal agenda komunikasi dengan sejumlah perusahaan BUMD maupun swasta yang ada di Toba. Tujuanya melakukan upaya pendekatan, termasuk hal pemberdayaan SDM tenaga kerja lokal dalam perekrutan tenaga kerja.

“Kita akan bicarakan bidang mana yang akan dibutuhkan perusahaan, sehingga kita akan mempersiapkan SDM sesuai kebutuhan perusahaan melalui berbagai pelatihan-pelatihan kerja sesuai SDM yang mereka butuhkan.Sehingga wujud nyata pemberdayaan SDM tenaga kerja lokal oleh para pihak ketiga berjalan secara transparansi yang bertujuan meminimalisir potensi kecemburuan sosial ditengah masyarakat, ketika ada rekruitmen tenaga kerja oleh perusahaan yang bersangkutan,” paparnya.

Upaya komunikasi seperti ini sangat penting dilakukan oleh Dinas Tenaga Kerja sesuai tugas pokok dan fungsinya (Tupoksi).

“Salah satunya mengurusi ketenagakerjaan, termasuk membuka kesempatan kerja bagi masyarakat, terlebih ditengah pandemi COVID-19 yang mengimbas sektor perekonomian masyarakat,” sebut Joni Hutajulu menambahkan.

Di tengah pandemi, pihaknya terus berniat menciptakan berbagai prakarya bagi masyarakat dalam upaya pemulihan dan peningkatan perekonomian masyaraka.

“Tentunya hal ini membutuhkan sinergitas dengan perusahaan-perusahaan di Toba, di samping mengawal hak dan tanggungjawab tenaga kerja yang sedang aktif bekerja maupun akibat pemutusan hubungan kerja, agar berjalan sesuai dengan perundang-undangan ketenagakerjaan,” pungkas Joni Hutajulu.

Jadwal agenda komunikasi Dinas Tenaga Kerja Toba, diantaranya akan mengunjungi PT Inalum, Toba Pulp Lestari, Regal Spring Indonesia, Jasa Tirta, Badjra Daya dan perusahaan lainnya di Toba.