Kabupaten Toba Zona Merah Meski PPKM Level 3

MC – Toba, – Satgas COVID-19 Sumatra Utara (Sumut) menetapkan Kabupaten Toba masuk zona merah penyebaran COVID-19 bersama dua daerah lain yakni Kota Medan dan Kabupaten Simalungun.

Hal ini tidak berbanding lurus dengan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang masih berada pada level 3. Berbeda dengan Kota Pematangsiantar yang berada di zona oranye namun menerapkan PPKM level 4.

Semula hal ini diduga karena kesalahan petugas Satgas saat melakukan input data penyebaran COVID-19 di Kabupaten Toba, namun Juru bicara Satgas COVID-19 Toba, Lalo Hartono Simanjuntak membantah dugaan salah input data, saat ditemui di ruang kerjanya pada Selasa sore (31/8/2021).

“Kalau dibilang kesalahan saya pikir tidak juga. Kalau ini kesalahan, kesalahan siapa?,” sebut Lalo Hartono yang juga Kadis Kominfo Toba ini.

Ia bahkan kembali mempertanyakan soal penetapan zona merah untuk Kabupaten Toba. “Zona merah di mana? Kecamatan mana? (Kecamatan) Silaen misalnya, di sana nihil kasus COVID-19, enggak mungkin kita bilang itu zona merah,” sebutnya melanjutkan.

Meski demikian Lalo Hartono juga enggan membantah pernyataan Satgas Provinsi Sumut yang menetapkan Kabupaten Toba sebagai zona merah. “Bukan (bantahan). Tapi data itu harusnya dikoreksi lagilah,” ujarnya mengakhiri.