Himpunan Pramuwisata Indonesia Berperan Sentral Melayani Wisatawan

Kabupaten Toba sebagai salah satu kawasan super prioritas pariwisata nasional memiliki berbagai potensi pariwisata.Untuk mengembangkannya , mendatangkan wisatawan tentu ada peran Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI).Bagaimana HPI ikut mengelola pariwisata ini di daerah ini adalah sebagai tantangan sekaligus peluang.

Hal ini dikatakan Bupati Toba yang diwakili Pj.Sekdakab Toba Augus Sitorus saat membuka secara resmi Musyawarah Cabang (Muscab) II HPI Kabupaten Toba yang digelar di Ruang Pertemuan Hotel Sumatera ,Balige, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatra Utara, Sabtu (13/8/2022).

Menurut Pj.Sekda Augus Sitorus ,HPI yang beranggotakan para pemandu wisata Indonesia juga memiliki peran sentral bagaimana daerah wisata ini dikenal luas oleh wisatawan. Untuk itu perlu peningkatan di bidang sumberdaya manusia yaitu peningkatan kualifikasi-sertifikasi profesi.

Ia berharap kepengurusan HPI Cabang Kabupaten Toba periode 2022-2027 hasil Muscab II ini dapat lebih bersinergi dengan Pemkab Toba melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata,guna memajukan bisnis pariwisata.

Sebelumnya, Ketua DPRD Kabupaten Toba, Effendi S.P Napitupulu dalam kata sambutannya mengatakan daerah ini telah memiliki produk peraturan daerah tentang kepariwisataan sebagai pedoman pengembangan pariwisata Kabupaten Toba.

Sehubungan dengan rencana kegiatan tahun 2023 , internasional Balap Speed Boat F1H2O, ia pun berharap HPI ikut menyosialisasikan kepada masyarakat agar sepaham dan mendukung program pemerintah tersebut.

Kepengurusan HPI Toba, lanjutnya , diyakini pasti maju karena beruntung memiliki sosok Ketua HPI Kabupaten Toba (2017-2022) Sabaruddin Tambunan yang juga rekannya sebagai anggota DPRD.

Sabaruddin juga dikenal memiliki latar belakang sebagai tour guide dan fasih berbahasa Jerman. Di bawah kepemimpinannya dengan bekerja sama dengan Pemkab Toba, puluhan pemuda asal Kabupaten Toba sekarang sudah bekerja sambil belajar di negara Jerman.

Dukungan lainnya datang dari Ketua DPD HPI Provinsi Sumatra Utara (Sumut), Kus Endro bersama pengurus lainya bahwa DPD memiliki program memajukan sumber daya manusia anggota, melalui Sertifikasi anggota Tourism guide (HPI) baik sebagai guide lokal hingga internasional.

Turut hadir Plt.Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Toba, Rusti Hutapea yang dalam kesempatan ini membacakan susunan pengurus terpilih HPI Cabang Toba yang baru.

Selanjutnya dilakukan acara pengukuhan pengurus yang baru, DPD HPI Sumut juga menyerahkan bendera pataka ,penyematan pin organisasi kepada Ketua Sabaruddin Tambunan.
Acara muscab ditutup dengan pemberian ucapan selamat ,ditutup doa penutup dipimpin pengurus DPD HPI Sumut.

Susunan Pengurus HPI Cabang Kabupaten Toba periode 2022-2027 sebagai berikut : Ketua St.Sabaruddin Tambunan,Ketua Harian Patrick Lumbanraja, Sekretaris Desima Gultom, Wakil Sekretaris Johanes Sibarani ,Bendahara Febrina Pardede, Bidang Pendidikan SDM Netti Manurung, Bidang organisasi Sahat Simangunsong,Bidang Humas Kesejahteraan dan Jonni Napitupulu. (MC Toba)

website - sekabet -

Sağlık Makaleleri