Hari Ketiga Pembelajaran Tatap Muka di Kabupaten Toba, Berjalan Lancar

MC – Toba, – Pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) untuk satuan pendidikan SD dan SMP di Kabupaten Toba yang sudah dimulai sejak Selasa (21/9/2021) sampai hari Kamis (23/9/2021) proses pembelajarannya berjalan dengan lancar.

Di SMP Negeri 2 Porsea, Kecamatan Porsea misalnya, pembelajaran tatap mukanya berjalan baik dan aman. Semua siswa yang mengikuti proses pembelajaran memakai masker dan menjaga jarak.

“Bukan hanya siswa, guru yang mengajar juga memakai masker dan menjaga jarak dari siswa,” kata Kepala SMP Negeri 2 Porsea, Frans LP.Simarmata, Kamis (23/9/2021).

Namun sebelum proses pembelajaran tatap muka di mulai, ruang belajar disemprot desifektan terlebih dahulu. Guru dan siswa harus mencuci tangan pakai sabun pada fasilitas yang sudah disiapkan dan mengikuti pengukuran suhu badan.

“Ini kami terapkan sesuai protokol kesehatan dan amanat Surat Edaran Bupati Nomor 4673 tahun 2021 tentang Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka di masa pandemi covid-19 di Kabupaten Toba dan Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Nomor 996 tahun 2021 tentang standar operasional penyelenggaraan pembelajaran tatap muka di satuan pendidikan selama pandemi covid-19 dilingkungan Pemerintah Kabupaten Toba,” paparnya.

Mengenai proses pembelajarannya, Frans mengatakan setiap rombongan belajar dibagi 2 kelompok belajar atau maksimal 50 Persen masing masing setiap kelompok belajar untuk mengikuti pembelajaran pada hari yang berbeda.

Contohnya, lanjut Frans, 1 rombongan belajar, 32 orang. Jumlah ini dibagi 2 kelompok belajar. Setiap kelompok mengikuti pembelajaran pada hari yang berbeda.

“Kalau lama belajar, hanya sekitar 1,5 jam setiap harinya,” terangnya.

Namun demikian, diakui pihaknya tetap ekstra hati hati.

“Protokol kesehatan harus kami terapkan secara ketat, demi kesehatan guru dan peserta didik,” katanya mengakhiri.