GUNA AMATI, TIRU DAN MODIFIKASI PELAYANAN PUBLIK DI KABUPATEN TOBA BUPATI DAN WAKIL BUPATI TOBA KUNKER KE MALL PELAYANAN TERPADU KOTA PEKANBARU

Dalam rangka studi tiru Pelayanan Publik terintergrasi satu pintu yang akan coba diterapkan di Kabupaten Toba, Bupati Toba, Ir. Poltak Sitorus bersama Wakil Bupati Toba, Tonny M Simanjuntak beserta rombongan lakukan kunjungan kerja dan melihat langsung Mall Pelayanan Publik Kota Pekanbaru, yang berlokasi Jl. Jend. Sudirman No.464, Jadirejo, Kec. Sukajadi, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Kamis, 30 Juni 2022

Kehadiran Bupati dan Wakil Bupati Toba beserta rombongan disambut Pemerintah Kota Pekanbaru melalu Assisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Hj. El Syabrina, MP bersama Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekanbaru, Rudi Misdian S.Pi serta para koordinator DPMPTSP dikarenakan Walikota Pekanbaru, Pj. Muflihun, S.STP., M.AP Sedang menghadiri kegiatan Komwil Apeksi yang diadakan di Medan, Sumatera Utara.

Dijelaskan kembali oleh Bupati Poltak Sitorus kepada Hj. El Syabrina bahwa adapun maksud kunker dikarenakan Kabupaten Toba merupakan daerah yang telah ditetapkan menjadi salah satu Kawasan Super Prioritas Nasional (KSPN) namun perihal pelayanan publik masih jauh dari harapan dan berdasarkan penilaian hanya berada di angka 45. Selain itu, oleh karena adanya saling membangun komunikasi diantara sesama pegawai baik Toba maupun Pekanbaru maka kita mendapat informasi bahwa pelayanan publik di Pekanbaru telah memperoleh Nilai (AA) dari Kemenpan RB yang diserahkan langsung oleh Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo, SH sehingga Pemkab Toba ingin amati, tiru dan modifikasi keberhasilan Pemkot Pekanbaru.

Bupati Poltak Sitorus berharap ini akan menjadi sebuah kerjasama dan terus berlanjut, bahkan Pemkab Toba juga mengundang Pemerintah Kota Pekanbaru untuk dapat berkunjung ke Toba nantinya.

Sementara itu, Hj. El Syabrina dalam penjelasannya mengatakan Mall Pelayanan Publik (MPP) kota Pekanbaru dahulunya adalah Gedung Kantor Walikota yang lama sebelum dipindahkan ke komplek perkantoran di daerah Tenayan Raya namun di MPP ini Walikota dan wakil serta para asisten terkadang masih tetap berkantor apabila ada Kegiatan pelayanan tertentu.

Rudi Misdian S.Pi selaku Sekretaris DPMPTSP melanjutkan penjelasan Hj. El menyampaikan lebih lanjut bahwa Gedung MPP Kota Pekanbaru mulai di renovasi tahun 2018 dan setelah dilakukan renovasi maka dilaunching bulan Maret 2019 dan di MPP Kota Pekanbaru ada 42 instansi lembaga yang telah memiliki gerai pelayanan seperti gerai pengaduan masyarakat milik Satpol PP, layanan Dinas Kesehatan meliputi apotek, radiologi, operasional RS, pelayanan kemoterapi RS, Rs Bdrs, unit transfusi darah, tukang gigi, penyelenggaraan RS, SIPPIRT, OPTIK, toko obat, klinik, gerai layanan Dinas PUPR, gerai layanan Dinas Perdagangan dan Perindustrian, gerai layanan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Pekanbaru dengan jenis pelayanan yakni persetujuan lingkungan, gerai layanan Disdukcapil, gerai layanan Kepolisian seperti perpanjangan KTA satpam, iImigrasi, Kemenag, Dinas PU dan tim tim teknis lainnya.

MPP didukung sebuah sistem informasi manajemen pelayanan disamping juga ada sistem yang berbasis teknologi dari pemerintah Pusat yakni sistem OSS yang berlaku saat ini dengan dukungan sistem simpel teknik baik pelayanan nomor antrian, pengaduan, melacak perizinan, juga melihat nomor antrian langsung dari rumah tanpa harus menumpuk di MPP Kota Pekanbaru.

Dikatakannya lagi, terkait sarana prasarana, melalui kebijakan Walikota semua biaya retribusi baik sewa tempat ditiadakan dan selain itu, semua kelengkapan lainnya kecuali biaya alat tulis kantor disediakan oleh Pemerintah Kota dan harus terregistrasi. Sedangkan khusus untuk layanan perbankan, pemkot hanya menyediakan space tempat dan pihak bank yang membangun karena konstruksi nya berbeda dengan yang pemerintah miliki.

Kegiatan dilanjutkan dengan saling bertukar cinderamata sekaligus meninjau setiap gerai yang ada di MPP Kota Pekanbaru. (MC Toba Pkp)

website - sekabet -

Sağlık Makaleleri