Gencarkan Program Tanam Dua Kali Panen Dua Kali, Wakil Bupati Toba Menabur Benih Padi Unggul di Desa Simanobak

Sebagai tindak lanjut sosialisasi program tanam dua kali dan panen dua kali, Wakil Bupati Toba, Tonny M Simanjuntak menghadiri acara Penaburan Benih Padi Unggul Program Tanam Dua Kali Panen Dua Kali yang berlangsung di Dusun 2, Desa Simanobak, Kecamatan Silaen, Kabupaten Toba, Kamis (29/09/2022)

Benih padi yang ditabur adalah benih unggul Mekongga, hasil persilangan padi IR 64 dan padi galur A2970 pada tahun 2003. Benih padi unggul Mekongga bisa dipanen dalam kurun waktu 105 hari dengan hasil panen mencapai 9 ton per hektar.

Sebagai bentuk dukungan atas program tanam dua kali panen dua kali yang gencar disosialisasikan Pemerintah Kabupaten Toba, Kepala Desa Simanobak, Maruhum Sinambela menyampaikan kesiapan warga desanya dalam mengelola 50 Ha lahan untuk Indeks Pertanaman Dua Kali (IP2).

“Warga Simanobak sangat antusias terkait program tanam dua kali dan panen dua kali ini, karena sebelum ada program inipun, sebagian dari kami sudah menjalankannya. Dukungan dari Pemerintah Kabupaten Toba akan membuat kita semakin bersemangat dalam bertani dan mengelola lahan pertanian,” ucap Maruhum.

Senada dengan Kepala Desa Simanobak, petani setempat Tarida Simanjuntak (52) yang lahannya saat ini sudah dipersiapkan seluas 12 Rante mengatakan rasa bangganya atas gerakan tanam dua kali panen dua kali dari Pemerintah Kabupaten Toba ini.Selama ini petani di daerah ini juga sebagian telah menanam jagung seusai panen padi.

Apalagi pihaknya telah mengetahui cara pembuatan pupuk organik cair. Saat ini sudah ada 3400 liter pupuk cair yang tersedia. Pupuk organik inilah nanti akan dicampur dengan pupuk subsidi yang diterima.

“Sangat bangga dengan hal ini, juga senang. Mudah-mudahan berhasil dan akan menambah penghasilan masyarakat petani. Tarhilala (lumayan,red),” kata Tarida anggota Kelompok Tani Naganjang Desa Simanobak ini.

Dukungan dan kesiapan warga Desa Simanobak dalam menjalankan program tanam dua kali dan panen dua kali inipun diapresiasi oleh Wakil Bupati Toba, Tonny M. Simanjuntak.

“Saya mengapresiasi dukungan dan kesiapan warga Desa Simanobak dalam menjalankan program tanam dua kali dan panen dua kali, semoga petani bisa semakin sejahtera dan kita bisa menjaga ketahanan pangan,” kata Wabup Tonny.

Turut mendampingi Wakil Bupati Toba, Plt Staf Ahli/ Kadis Ketapang Sahat M. Manullang, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Jonni DP Lubis, Kadis Pertanian Togap H. Sitorus, Camat Silaen Moses Simanjuntak, Kabag Perekonomian dan SDA Jeffry Maradona, Kabag Kesra Tanda Dongoran, Kabag Administrasi Pembangunan Rihat Pasaribu, Kabid PIKP Dinas Kominfo Rikardo Simamora, dan lainnya. (MC Toba Pkp)

website - sekabet -

Sağlık Makaleleri