Gebyar HUT Kemerdekaan RI, Dinkes Toba Adakan Vaksinasi Massal

MC – Toba, – Dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-76 Republik Indonesia, Dinas Kesehatan Kabupaten Toba melaksanakan vaksinasi Covid-19 massal, bertempat di Kantor Dinas Kesehatan Toba, Jalan Somba Debata. No.1 Balige, Kecamatan Balige, Senin (16/8/2021).

Vaksinasi massal diburu warga Toba dan sempat menimbulkan kerumunan. Petugas keamanan berupaya keras mengurai keramaian massa untuk menghindari timbulnya klaster baru.

Kepala Seksi Surveliens dan Imunisasi Dinas Kesehatan Toba, Tridarma Putra Simanjuntak mengatakan, vaksinasi massal kali ini dilangsungkan mulai pukul 09.00-14.00 WIB selama lima hari ke depan.

“Pelayanan vaksinasi khusus kita buat di kantor dinas kesehatan Toba dalam rangka HUT Ke-76 RI. Jadi kita membuka gebyar vaksinasi ini untuk membantu faskes-faskes yang sedang berjuang melakukan vaksinasi di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Toba,” ujar Tri Darma.

Vaksinasi massal kali ini dikhususkan untuk warga Toba usia 18 tahun ke atas dengan dibuktikan KTP. Setiap harinya, diharapkan minimal 200 orang warga Toba akan mengikuti vaksinasi massal ini.

“Tadi malam kita rencanakan vaksinasi ini untuk 200 orang, dengan melibatkan seluruh petugas sebanyak 28 orang. Namun jika masih ada waktu sebelum pukul 14.00 WIB, kita layani penambahan,” imbuhnya.

Ditambahkannya, vaksinasi akan berlangsung setiap harinya bahkan pada tanggal 17 Agustus vaksinasi massal ini tetap dilaksanakan.

“Kita berharap dalam rangka HUT RI ini, kita juga merdeka dari virus corona. Bagi seluruh warga Toba, baik yang sudah divaksin maupun yang belum divaksin agar tetap menerapkan protokol kesehatan, karena hanya itu cara kita untuk melawan penyebaran virus corona ini,” pungkas Tri Darma.