FKUB Kabupaten Toba Gelar Dialog Kerukunan Antar Umat Beragama

Wakil Bupati Toba, Tonny M.Simanjuntak mengungkapkan rasa syukur bahwa sampai saat ini tidak pernah ada konflik yang mengganggu kerukunan antar umat beragama di daerah Kabupaten Toba, Provinsi Sumatra Utara.

Hal ini dikatakan Wabup Tonny yang juga sebagai Ketua Dewan Penasehat Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dalam kata sambutannya, pada acara Dialog Kerukunan Antar Umat Beragama se-Kecamatan Parmaksian di Aula Kantor Camat Parmaksian, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatra Utara, Jumat, 3 Juni 2022.

Wabup Tonny juga menyampaikan apresiasi, khususnya di Kecamatan Parmaksian karena kegiatan keagamaan sering dilaksanakan, termasuk kegiatan saat ini.

” Ini kerinduan saya, apresiasi saya kepada FKUB yang melakukan dialog. Ini bisa menjadi contoh untuk daerah (kecamatan) lainnya,” sebutnya.

Tentang kerukunan dan saling menghormati antar umat beragama ini, lanjutnya, tidak terlepas dari Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

Di era digitalisasi saat ini ada sisi positif dan negatif. Yaitu cepatnya penyebaran informasi sebagai sisi positif dan sisi negatifnya dengan banyaknya tersebar berita hoaks.

Ditambahkannya, untuk mewujudkan visi dan misi dari Pemerintah Kabupaten Toba yaitu Toba Unggul dan Bersinar, salah satunya adalah dengan peranan dari FKUB.

Diharapkan melalui FKUB juga berbagai program pemerintah dapat disampaikan kepada umat atau masyarakat.

Diantaranya ikut menyosialisasikan bahaya narkoba untuk menyelamatkan generasi bangsa di gereja dan masjid.

Pada bagian akhir sambutannya, Wabup Tonny mengingatkan apa program lanjutan FKUB pada tahun 2023 mendatang, dengan dukungan Pemkab Toba melalui Badan Kesbangpol setempat.

Sebelumnya, Ketua FKUB Kabupaten Toba, A.S Pangaribuan melaporkan bahwa unsur agama yang ada di Kabupaten Toba yaitu Kristen, Islam, dan Katolik, hadir lengkap dalam acara dialog ini.

Disebutkannya, beberapa tugas FKUB diantaranya, melakukan dialog dengan pemuka dan tokoh masyarakat dalam menciptakan memelihara kerukunan antar umat beragama. Kemudian memberikan rekomendasi pendirian rumah ibadah.

Turut hadir Sekretaris FKUB Kabupaten Toba, Pdt. Oloan Sitorus bersama pengurus lainnya, Kepala Badan Kesbangpol Josib Broztito Sianipar, Sekcam Parmaksian, M.Yamin Lubis, Kabid Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo, Rikardo Simamora, Staf Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan, dan pejabat lainnya. (MC Toba )

website - sekabet -

Sağlık Makaleleri