FGD Digitalisasi Penerimaan Pendapatan Daerah Kabupaten Toba

Wakil Bupati Toba, Tonny M. Simanjuntak membuka kegiatan Focus Group Discussion (FGD) atau diskusi terpusat, membahas digitalisasi penerimaan pendapatan daerah Kabupaten Toba, di Balai Data Lantai IV, Kantor Bupati Toba, Selasa (31/5/2022).

Diskusi diikuti oleh perwakilan Bank Indonesia Cabang Sibolga dan Bank Sumut, untuk menggali potensi penerimaan pajak atau retribusi di masing-masing OPD, supaya dapat dilakukan secara digital.

Wabup Tonny berharap FGD ini dapat dijadikan sebagai wadah untuk sharing, dan menjalin sinergi dengan semua pihak, sehingga penerapan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) di Kabupaten Toba dapat berjalan dengan baik.

ETPD merupakan suatu upaya untuk mengubah transaksi pendapatan dan belanja pemerintah daerah, dari cara tunai menjadi nontunai berbasis digital.

Dengan hubungan yang harmonis antara Bank Sumut dan Pemerintah Kabupaten Toba, Wabup Tonny optimis, target realisasi penerimaan pajak, yang masih jauh dari harapan, dapat tercapai.

Sebagian masyarakat masih cenderung memilih bertransaksi secara tunai, untuk menghindari masalah keamanan pembayaran digital. Masyarakat khawatir uang yang disetorkan, tidak sampai ke tujuan, dan meragukan keabsahan struk pembayaran.

Pimpinan Bank Sumut pusat, Sabar Ginting menegaskan, bahwa masyarakat tidak perlu khawatir bertransaksi secara digital, karena transaksi ke Bank Sumut diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Ia menambahkan, penerapan transaksi digital seperti parkir elektronik, dapat dimulai di beberapa ruas jalan, meskipun tidak secara keseluruhan. Mengingat belum semua wilayah di Kabupaten Toba memiliki infrastruktur pendukung, seperti jaringan internet.

Melalui FGD ini, diharapkan dorongan dan keinginan dari wajib pajak, untuk beralih ke pembayaran nontunai, karena lebih transparan, tidak dibatasi oleh waktu, dan minim akan penyelewengan.

website - sekabet -

Sağlık Makaleleri