Empat Kecamatan Nihil COVID-19, Berikut Persebaran Tiap Kecamatan di Toba

MC – Toba, – Berdasarkan laporan update Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan COVID-19 Kabupaten Toba, Provinsi Sumatra Utara, per tanggal 15 September 2021, dinyatakan 4 kecamatan dari 16 kecamatan di Kabupaten Toba saat ini telah nihil pasien COVID-19 yaitu Kecamatan Borbor, Nassau, Sigumpar, dan Kecamatan Uluan.

Data selanjutnya, 18 pasien sembuh dan 2 pasien terkonfirmasi baru juga bertambah, membuat jumlah pasien aktif dalam perawatan menjadi 77 pasien.

“Dengan demikian, kini total kasus COVID-19 di Toba sebanyak 2.379 kasus. Dengan rincian 2.201 pasien sembuh, 77 pasien aktif dalam perawatan, sementara kasus pasien meninggal bertahan di jumlah 107 kasus. Selain itu terdapat 73 warga sedang kontak erat dengan pasien aktif dalam pemantauan Satgas,” sebut  Lalo Hartono Simanjuntak selaku jurubicara Satgas COVID-19 Toba, Kamis (16/9/2021).

Dengan kondisi persebaran yang semakin membaik berangsur menurun, Lalo Hartono kembali mengimbau masyarakat agar tetap mewaspadai potensi lonjakan persebaran corona, dengan selalu disiplin mematuhi protokol kesehatan (Prokes) 5M.

Kondisi persebaran COVID-19 yang saat ini berangsur membaik bahkan sudah nihil di beberapa kecamatan, diharapkan menjadi motivasi bagi kecamatan lainnya untuk saling berlomba menekan sebaran melalui penanggulangan yang berkelanjutan dan intens.

Menurut Lalo Hartono Simanjuntak, yang juga Kadis Kominfo Toba ini, bahwa persebaran di kecamatan lainnya sudah mulai menunjukkan penurunan jumlah terkonfirmasi aktif dan berikut kondisi persebaran pasien aktif lainnya di tingkat kecamatan.

Di Kecamatan Siantar Narumonda, Habinsaran dan Kecamatan Laguboti, masing-masing terdapat 1 pasien aktif.

Di Kecamatan Silaen, Bonatua Lunasi dan Ajibata, masing-masing 2 pasien aktif, sedangkan di Kecamatan Tampahan terdapat 3 pasien aktif.

Kecamatan lainnya yakni Porsea 4 pasien, Kecamatan Lumbanjulu 5 pasien, Kecamatan Parmaksian 6 pasien, Kecamatan Pintupohan Meranti terdapat 8 pasien.

Kecamatan Balige, memiliki paling banyak pasien aktif yakni 36 pasien.