Dukung Pertanian Jagung di Musim Kemarau, Bupati Toba Rencanakan Pompanisasi

MC – Toba, – Bupati Toba Poltak Sitorus merencanakan adanya pemompaan air (pompanisasi) terhadap lahan sawah yang bakal dijadikan lahan tanam jagung yang berada di pinggiran Danau Toba.

Hingga saat ini, pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Toba merencanakan lahan sawah seluas 3 Ribu Hektare dijadikan sebagai lahan penanaman jagung.

Pada proses penanaman, kawasan Toba sedang alami musim kemarau yang memungkinkan pertumbuhan bibit jagung terganggu.

“Ya, kalau waktunya tidak singkat seperti begini, ini bisa kita gunakan sistem pompa,” tuturnya saat dikonfirmasi pada Senin (9/8/2021).

Sementara Plt.Kadis Pertanian Toba,Jerry Silaen mengatakan lahan sawah yang akan dijadikan sebagai lahan tanam pascapanen padi tetap bisa ditanami jagung. Pasalnya, kandungan air dalam lahan tersebut masih tetap ada.

“Ini kan lahannya sawah. Nah, kalau kita korek ini masih banyak air yang tersimpan dalam tanah. Maka, kita bisa yakin bibit jagung tersebut bisa tumbuh,” sebut Jerry Silaen.

Jerry juga menyebutkan perkiraan i bibit jagung untuk setiap Hektare lahan sawah adalah sebanyak 15 Kilogram.

Pupuk bersubsidi untuk kebutuhan penanaman bibit jagung juga akan dimonitor dan dipastikan agar dapat dibeli oleh petani yang tergabung dalam kelompok tani di Toba .