Dukung Ketahanan Pangan, Pemkab Toba Beri Bantuan Bibit Jagung Sumber Dana APBDes

Guna mendukung ketahanan pangan , Bupati Toba,Poltak Sitorus memberikan secara simbolis bantuan bibit jagung kepada kelompok tani di Desa Amborgang, Kecamatan Porsea, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatra Utara, Senin (26/9/2022).

Bantuan bibit jagung ini bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) Tahun Anggaran 2022 Desa Amborgang.

Dalam bimbingan dan arahannya Bupati Poltak Sitorus memberikan motivasi kepada warga agar rajin berdoa dan rajin juga bekerja. Dipaparkan juga mengenai gerakan tanam dua kali panen dua kali untuk kesejahteraan masyarakat petani.

Soal langkanya pupuk, lanjutnya Bupati Poltak Sitorus, secara bertahap petani diarahkan memakai pupuk organik cair maupun padat.

Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Toba yang dipimpin Kepala Dinas Sahat Manullang pun menyatakan kesiapannya untuk melatih pembuatan pupuk organik bagi kelompok tani.

Sebelumnya Kepala Desa Amborgang Jekson Sitorus menjelaskan wilayah dan demografi desa yang dipimpinnya.Kemudian mengenai lahan pertanaman jagung sudah dipersiapkan seluas 49 Ha.

Pelatihan pembuatan pupuk organik cair dalam minggu ini akan dilaksanakan. Ia pun berharap nantinya desa yang mayoritas petani ini akan menjadi contoh di Kecamatan Porsea.
Semakin maju ekonomi semakin meningkat .

“Semoga kedatangan Bapak Bupati Poltak Sitorus membawa angin segar bagai masyarakat Amborgang dan masyarakat petani semakin meningkat kesejahteraannya,”kata Kades Amborgang.

Sementara perwakilan warga Op Nensi Sitorus, dan perwakilan BPD menyampaikan permintaan kepada Bupati Poltak, agar ruas jalan rusak dengan panjang sekitar 2 Km dari arah Desa Nalela -Desa Amborgang segera diperbaiki. Kemudian diusulkan agar kantor Balai Penyuluhan Pertanian yang ada di Amborgang dibuat lahan percontohan.

Bupati Poltak pun langsung merespons dan mengecek pengerjaan jalan di sekitar Amborgang tahun 2022. Didapat yang ada pengerjaan jalan jurusan Amborgang – Sampuara senilai Rp.3,5 M.

Soal lahan percontohan di kantor penyuluh, Bupati Poltak langsung mendukung dan meminta dinas terkait dan PPL melaksanakannya dengan menanam tanaman palawija yang sesuai dengan kondisi tanah.

Ia pun mengatakan perbaikan jalan rusak sekitar 2 Km dari Desa Nalela menuju Desa Amborgang akan menjadi prioritas Pemkab Toba di tahun 2023 mendatang.

“Leleng adong na dipaima na, hatop adong na diadu na.(Lambat ada yang ditunggu, cepat ada yang dikejar), “kata Bupati Poltak Sitorus menyabarkan warga.

Dalam kesempatan ini Bupati Poltak Sitorus juga memberikan motivasi agar semakin rajin belajar serta menyerahkan tali asih kepada para siswa di desa setempat yang meraih juara 1,2 dan 3.

Turut hadir Camat Porsea Edward Sidabutar, Penyuluh Pertanian Lapangan Kec. Porsea ,Abdul Rahman Sitorus, Kabid PMD PPA ,Kabid PIKP Kominfo Toba beserta sejumlah kepala desa diantaranya Desa Nalela, Patane 5, Patane 2, dan Raut Bosi. (MC Toba)

website - sekabet -

Sağlık Makaleleri