Dukung Eksistensi Tipatipa, Pemerintah Bantu Pengemasan

MC – Toba, – Untuk menjaga eksistensi tipatipa sebagai penganan khas batak, Pemerintah Kabupaten Toba, Sumatra Utara melalui Dinas Perindagkop dan UKM setempat telah membantu beberapa pelaku usaha tipatipa melalui pemberian kemasan.

Hal ini disampaikan  Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Kabupaten Toba, Tua Pangaribuan saat dikonfirmasi di Balige,Selasa (7/9/2021).

“Memang sejauh ini kita masih hanya memberikan kemasan bagi pelaku usaha, agar kemasannya lebih baik dan lebih menarik,” ujarnya.

Selain pemberian kemasan, ia juga mengimbau para pelaku usaha tipatipa agar rutin mengikuti pelatihan-pelatihan yang digelar oleh Dinas Perindagkop dan UKM.

“Kalau di pelatihan itukan bukan hanya soal pengemasan, tapi juga termasuk soal pemasaran lewat internet. Jadi kita imbau agar mereka rajin mengikuti pelatihan, agar produknya lebih baik dan lebih laku,” sebut Tua Pangaribuan.

Saat ini, di tengah beragamnya kuliner, tipatipa masih tetap eksis bahkan menjadi salah satu oleh-oleh khas dari Toba.

Tipatipa dibuat dari padi yang sudah matang, yang terlebih dahulu direndam hingga tiga hari, kemudian digongseng lalu ditumbuk di dalam lesung.