DPRD Toba dan Diskominfo Kunker Bidang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik ke Kabupaten Serdang Bedagai

Dalam menunjang perkembangan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik ( SPBE) di Kabupaten Toba, Komisi A DPRD Kabupaten Toba melakukan kunjungan kerja ke Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Serdang Bedagai , Jumat 19 Maret 2021.

Agenda kunjungan kerja kali ini untuk membahas peningkatan perkembangan e-governance dan jaringan internet yang terintegrasi.

Jaringan internet yang terintegrasi akan memudahkan Dinas Komunikasi dan Informatika dalam mengatur lalu lintas internet antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Dalam diskusi ini, Kepala Bidang Penyelenggraan e-goverment Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Serdang, Sudiyono
menjelaskan teknis pelaksanaan pemusatan Internet terintegrasi dalam menyuplai internet untuk setiap OPD.

” Pemanfaatan jaringan fiber optik dan radio link akan menghemat biaya internet pemerintah dan kualitas jaringan internetnya juga lebih bagus,”kata Sudiyono.

Ditambahkannya sejak tahun 2017 hingga 2021 , Diskominfo Sergai sudah memasang 116 titik-titik internet disetiap OPD sudah termasuk 17 kecamatan, Rumah sakit, Puskesmas dan Kelurahan.

Diskominfo Sergai juga mengucurkan biaya Sekitar 3 milyar rupiah setiap tahunnya. Dengan bandwidth sebesar 1200 Mbps.

Ketua Komisi A DPRD Toba, Tua Parasian Silaen mengatakan pada masa yang akan datang berharap pemerintah Kabupaten Toba dan pihak Legislatif bekerja sama untuk terciptnya SPBE yang baik dan wilayah blankspot di Kabupaten Toba tercover seluruhnya.

“Kami akan segera melaksanakan rapat kerja untuk membahas hal ini dan semoga hal ini dapat terealisasi secepatnya,” sebut Tua Parasian Silaen.

Sementara Lalo Hartono Simanjuntak, selaku Kadis Kominfo kabupaten Toba menjelaskan, topografi Kabupaten Toba yang tidak rata yang menyebabkan masih adanya titik-titik blankspot. Ini mengakibatkan masih adanya masyarakat yang tidak menikmati jaringan internet.

Selanjutnya untuk kesiapan Dinas Kominfo Toba menghadapi e-government saat ini sudah memiliki tenaga ahli.

” Kami sudah merekrut 3 orang tenaga ahli di bidang program, nantinya mereka akan bekerja untuk membangun aplikasi yang akan membantu dan menunjang kinerja seluruh ASN pemerintah Pemkab Toba ” Kata Lalo mengakhiri.