Dinas Pertanian Toba Fokus Sukseskan Indeks Pertanaman Jagung

MC – Toba, – Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Toba, Sumatra Utara saat ini sedang fokus mewujudkan peningkatan produktivitas pertanian melalui Program Indeks Pertanaman (IP) komoditi tanaman jagung yang sedang digencarkan Pemkab Toba.

Hal ini disebutkan Kepala Dinas Pertanian Dan Peternakan Toba, Togap Hasoloan Sitorus di ruang kerjanya, Selasa (31/8/2021).

Menurut dia, pihaknya sedang memfokuskan agar program ini berjalan sesuai perencanaan. Sehingga manfaat hasil panen pertanaman jagung tersebut dapat meningkatkan pertumbuhan dan pemulihan perekonomian masyarakat saat pandemi COVID-19 yang masih berlangsung.

Sesuai perencanaan, lanjut dia, seluas 300 hektare lahan telah dipersiapkan di seluruh pelosok Toba. Saat ini sebagian lahan itu sudah ditanam dan sebagian lagi sedang tahapan pengolahan.

“Akibat faktor alam sedang musim penghujan, kemungkinan keseragaman pertanaman tidak bisa serentak. Namun benih telah tersalur kepada para petani maupun kelompok tani,” terang Togap Hasoloan yang baru dilantik sebagai Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan pada dua pekan lalu.

Mengemban tugas jabatan barunya, Togap Hasoloan Sitorus mengakui tidaklah semudah membalikkan telapak tangan dalam merealisasikan setiap program yang sedang berjalan. Sebaliknya membutuhkan waktu untuk bersinergi dengan seluruh staf dalam mewujudkan serta mensukseskan setiap program, termasuk program peningkatan produktivitas pertanian, melalui pertanaman jagung saat ini.

Demikian halnya setiap bidang yang ada di sini. Ia telah melakukan koordinasi dan komunikasi dengan para staf untuk lebih meningkatkan etos kinerja setiap staf ke depannya.

“Kami juga berharap sinergitas dari seluruh stake holder lainnya dalam menyukseskan program pertanaman komoditi jagung tersebut, salah satunya bersinergitas dengan Dinas Ketahanan Pangan,” tutup Togap Hasoloan.