Dinas Pendidikan Toba Sedang Persiapkan Pembelajaran Tatap Muka

MC – Toba, – Saat ini, pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Toba sedang mempersiapkan diri dalam menghadapi penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

Satu upaya yang dilakukan adalah penyusunan kurikulum yang berhubungan dengan penanggulangan Covid-19.

Ini kita memang sudah siap-siap melakukan tatap muka. Seperti yang saya bilang pada waktu yang lalu, tatap muka terbatas ini juga akan kita persiapkan kurikulumnya.

“Tidak sama dengan pembelajaran tatap muka yang biasa,” ujar Plt.Kabid Dikdas Dinas Pendidikan Kabupaten Toba Rikardo Hutajulu pada Rabu (25/8/2021).

Kita dari Dinas Pendidikan Toba juga mempersiapkan bahwa siswa kita menjadi satgas dan kita akan kerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Toba untuk memberikan pelajaran kepada seluruh kepala sekolah terkait Covid-19. Kurikulum yang dimaksud dinamai Kurikulum Anti Corona.

“Nah, seluruh pembelajaran terkait Covid-19 ini akan kita suntikkan dalam kurikulum yang kita sebut sebagai kurikulum anti corona. Ini akan digunakan seluruh sekolah yang ada di Kabupaten Toba,” terangnya.

Menurutnya, syarat utama berlangsungnya pembelajaran tatap muka adalah vaskinasi pada guru secara lengkap, dosis pertama dan kedua.

Pembelajaran Tatap Muka di Kabupaten Toba masih dipersiapkan sesuai dengan SKB Menteri pada bulan Maret yang lalu bahwa syarat tatap muka terbatas itu disampaikan bahwa seluruh guru harus divaksinasi lengkap; dosis pertama dan kedua.

Maka, sekarang kita sedang merekap semua guru. Jadi hasil rekapan kita, kalau guru-guru SMP sekitar 80%. Kalau guru-guru SD itu sekitar 78% yang sudah divaksin.

Sudah disampaikan tadi dengan guru-guru tadi bahwa hasil komunikasi kita tadi dengan Satgas Covid-19 Toba bahwa kita sudah berada di level 3 saat ini.

“Saya lihat juga dari data mereka, kasus aktif Covid-19 di Toba sudah menurun drastic memang. Tinggal 216 orang,” katanya.