Dinas Pendidikan Toba Berharap 2 Minggu Mendatang Sudah PTM

MC – Toba, – Dinas Pendidikan Kabupaten Toba menyakini akan menggelar Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Kabupaten Toba pada dua minggu ke depan ,bila tidak terjadi penaikan angka terkonfirmasi positif Covid-19.

Dengan demikian, Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Toba Rikardo Hutajulu berharap Kabupaten Toba sesegera mungkin memasuki level 2 Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

“Di Kabupaten Toba, karena kita sudah memasuki level 3 bahkan dua minggu ke depan kita berharap kita masuk ke level 2,” sebut Rikardo Hutajulu saat dikonfirmasi pada Jumat (3/9/2021)

Sebelumnya, Kabupaten Toba sudah mempersiapkan diri memberlakukan pembelajaran tatap muka, namun angka terkonfirmasi positif Covid-19 mengalami peningkatan di bulan Juni 2021. Dan, saat itulah, pihak pemberlakuan protokol kesehatan (Prokes) di sekolah sudah dibenahi.

Dalam Instruksi Gubernur Sumatra Utara bahwa level 3, 2, dan 1 itu bisa melakukan pembelajaran tatap muka. Kita sudah siap untuk tatap muka.

“Rencana kita, pada ajaran baru kemarin kita sudah tatap muka. Tapi, karena yang terkonfirmasi positif Covid-19 pada waktu itu melejit, maka kita tunda,” terangnya.

Kalau soal prokes di sekolah-sekolah, kita sudah persiapkan sejak bulan Juni yang lalu dan pada waktu itu sudah kita bersiap pembelajaran tatap muka tepat pada ajaran baru.

Sebagai syarat pemberlakuan PTM di sekolah, ia juga berharap setiap guru harus divaksin lengkap, dosis pertama dan kedua.

Kalau soal prokes di sekolah, saya yakin sudah 80%. Dan, ada juga sesuai dengan SKB 4 Menteri bahwa guru harus divaksin. Guru kita tinggal 15% lagi yang belum divaksin.

Kita sudah koordinasi dengan Kadis Kesehatan, beliau langsung respon akan memprioritaskan para guru untuk divaksin sebanyak 15% tersebut.

“Pada hari Sabtu ini, kita akan mengkhususkan vaksinasi bagi guru dengan adanya tempat yang dikhususkan,” sambungnya.

Sehingga, pembelajaran tatap muka di Kabupaten Toba diharapkan akan dimulai pada pertengahan bulan September.

“Setelah itu nanti, kita akan mengumumkan pembelajaran tatap muka ke sekolah-sekolah. Rencananya, kalau lihat trendnya sekarang, minggu-minggu ini kita lihat penurunan terus-menerus, kita akan lakukan PTM pada pertengahan bulan September ini,” katanya.