Desa Sigumpar Barat, akan Dicanangkan sebagai Kampung Restorative Justice

Desa Sigumpar Barat, Kecamatan Sigumpar, Kabupaten Toba, akan dicanangkan sebagai Kampung Restorative Justice (RJ).

Rapat sosialisasi pengukuhan Kampung RJ diadakan di Kantor Camat Sigumpar, Senin (11/4/2022).

Kasi Intel Kejaksaan Negeri Toba Samosir, Gilbert Sitindaon menyebutkan, Desa Sigumpar Barat dipilih, karena Desa ini merupakan calon tempat wisata agama, dimana Makam Missionaris (penyebar Agama Kristen Protestan) Dr. I.L Nommensen berada di tempat ini.

Desa Sigumpar Barat diharapkan akan mengutamakan cara-cara Keagamaan atau jalan damai, untuk menjaga stabilitas kasus, sebagai tempat pelaksanaan musyawarah mufakat, dan perdamaian, untuk menyelesaikan pidana ringan yang terjadi di masyarakat, seperti kasus perkelahian, pencurian, penghinaan, pemerasan, pencemaran nama baik, dan pengancaman.

Mengingat Kantor Kepala Desa yang kecil, atau mungkin tidak memadai untuk dilakukan pertemuan, maka pertemuan akan dilakukan di Kantor Camat Sigumpar, yang kemudian disebut dengan “Sopo Adhyaksa Batak Naraja”.

Namun tidak semua masalah bisa diselesaikan dengan Keadilan Restorative. (Hanya Kasus dengan ancaman hukuman 5 tahun ke bawah). Kasus narkoba, Kasus pencabulan, sudah mempunyai ranah hukum tersendiri, dan tidak dapat ditolerir.

Keadilan Restorative adalah penyelesaian perkara tindak pidana dengan melibatkan pelaku, korban, keluarga pelaku/korban, dan pihak lain yang terkait, untuk bersama-sama mencari penyelesaian yang adil, dengan menekankan pemulihan kembali pada keadaan semula, dan bukan pembalasan.

Kepala Bagian Hukum Setdakab Toba, Lukman J. Siagian menambahkan, bahwa akan dibuat Peraturan Desa, untuk membahas bagaimana implementasinya di lapangan.

Sehingga sebuah proses hukum yang terjadi di desa, ada campur tangan dari masyarakat itu sendiri, dan campur tangan dari pemerintah desa untuk menyelesaikannya, baik dengan cara ganti rugi, atau sudah dimaafkan oleh pihak korban.

Untuk acara peresmian/pengukuhan Kampung RJ dan Sopo Adhyaksa Batak Naraja, rencananya akan dilaksanakan tanggal 19 April 2022 mendatang.

Turut hadir dalam sosialisasi ini, Plt. Kadis Kominfo Sesmon TB. Butarbutar, Camat Sigumpar Jaga Situmorang, mewakili Dinas PMD Saut Sihombing, Kepala Desa, BPD, Perangkat Desa, Tokoh agama, dan Tokoh adat Desa Sigumpar Barat.

website - sekabet -

Sağlık Makaleleri