Danau Toba Butuh Sentuhan Agar Menjadi Ikon Pariwisata

“Danau Toba membutuhkan sentuhan”. Kalimat inilah yang disampaikan oleh Wakil Bupati Toba, Tonny M Simanjuntak, dalam acara Penandatanganan Berita Acara Hasil Uji Petik Penulaian Mandiri Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia (PMK3I) yang dilaksanakan Senin, 3 Mei 2021 di Pendopo Rumah Dinas Bupati Toba.

Berbicara mengenai keindahan Danau Toba memang tidak akan ada habisnya. Pemandangannya yang eksotis, kuliner dan makanan khas serta budaya yang masih melekat erat pada masyarakat yang tinggal disekitarnya. Inilah yang menjadi daya tarik yang dapat dikembangkan untuk memajukan pariwisata Toba.

Dalam arahannya Wabup Tonny menyampaikan bahwa keindahan danau Toba tidak kalah dengan keindahan danau lain yang ada di Indonesia. Tonny juga menyampaikan bahwa masyrakat Toba harus bersyukur sudah di anugrahi alam seindah Danau Toba.

“Danau Toba membutuhkan sentuhan agar bisa menjadi ikon pariwisata dan menarik minat masyarakat Dunia. Dibutuhkan tempat kuliner, kerajinan tangan, pertunjukan wisata serta suasana nyaman bagi wisatawan” Kata Tonny.

Sektor pariwisata menjadi salah satu sektor unggulan dalam panca program yang sudah sudah di tetapkan di masa kepemimpinan Poltak-Tonny.

Tonny juga menyampaikan akan menugaskan instansi terkait untuk mengembangkan dan meningkatkan sektor pariwisata di kabupaten Toba.

Kabupaten Toba merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Sumatera utara yang menjadi peserta PMK31. Acara yang sudah dilaksanakan sejak 28 April 2021 tersebut di ikuti oleh 4 sub sektor yaitu Kriya, Fashio, kuliner dan pertunjukan.

Direktur infrastruktur ekonomi kreatif, Salliane Halia Ishak, menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan ini untuk melakukan verifikasi ulang terhadap komitmen Kabupaten Toba beserta dengan pelaku pariwisata tentang pengembangan ekonomi kreatif nya.

” Kita berharap dengan adanya nya komitmen dari pelaku ekonomi kreatif akan memberikan dampak yang signifikan dan menciptakan inovasi atas hasil karya yang sudah dibuat ” Kata Salliane.

Mewakil peserta, Ruth Aruan menyampaikan bahwa kedepannya bukan hanya 4 sub sektor ini saja yang menjadi peserta. Ruth juga menyampaikan bahwa masi banyak sektor kreatif lainnya yang memiliki potensi yang sangat baik untuk dikembangkan.

” Kami peserta mengucapkan terimakasih atas perhatian pemerintaj yang sudah diberikan kepada pelaku UMKM di Toba” Pungkas Ruth.

Acara dilanjutkan dengan penandatangan berita Acara oleh Wakil Bupati Toba, Tonny M Simanjuntak dan Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif, Salliane Halia Ishak yang disaksikan oleh seluruh peserta yang hadir.

Turut juga Hadir kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara, Ria Novida Talumbanua.