COVID-19 Bertambah, Bupati Toba Imbau Kesadaran Warga Patuhi Prokes

MC – Toba – Bupati Toba Poltak Sitorus yang juga Ketua Satgas COVID-19 Toba kembali mengimbau masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan (Prokes) pencegahan COVID-19.

Imbauan orang nomor satu di Toba itu disampaikan Lalo Hartono Simanjuntak,  Selasa (27/7/21).

Lalo Hartono selaku juru bicara Satgas COVID-19 Toba, menyampaikan terkait terus bertambahnya warga terinfeksi pandemi ini.

Menurut Lalo Hartono, pengoptimalan pos komando (Posko) penanganan COVID-19 di desa dan kelurahan, sudah diimbau untuk dimaksimalkan. Namun mengutip pernyataan bupati, ia mengatakan, kesadaran masyarakat untuk selalu mematuhi prokes, adalah kunci paling utama menekan sebaran corona.

Lalo menambahkan,  saat ini Satgas COVID-19 Toba terus berupaya maksimal menekan sebaran COVID-19, baik dalam bentuk edukasi, pengawasan dan penegakan secara humanis, namun kembali kunci utama adalah dukungan atas kesadaran warga.

“Satgas tidak bisa bekerja sepihak melainkan butuh dukungan seluruh elemen masyarakat,” ujar Lalo Hartono menyampaikan pesan bupati.

Lebih lanjut Lalo Hartono, yang juga Kadis Kominfo Toba ini menguraikan sebaran COVID-19 di Toba hingga per 26 Juli 2021 sudah menembus 1.481 kasus, setelah pasien terkonfirmasi baru bertambah sebanyak 25 pasien, sementara pasien sembuh hanya 6 orang.

Ke -25 pasien terinfeksi baru itu, masing-masing dari Kecamatan Balige sebanyak 16 pasien, Parmaksian 6 pasien, Kecamatan Laguboti 2 pasien dan Kecamatan Siantar Narumonda sebanyak 1 pasien.

Pasien sembuh sebanyak 6 orang berasal dari Kecamatan Bonatua Lunasi sebanyak 3 orang, dari Kecamatan Nassau 2 orang dan dari Kecamatan Kecamatan Porsea 1 orang.

Total jumlah kasus COVID-19 di Toba kini menjadi 1.481kasus di mana kasus pasien sedang dirawat sebanyak 529 pasien sedangkan pasien sembuh 895 orang dan kasus pasien meninggal sebanyak 57 pasien. Sementara warga yang kontak erat dengan pasien terkonfirmasi sebanyak 766 orang.