Bupati Toba Tinjau Kesiapan Daerah Wisata Danau Toba di Desa Hatulian Laguboti

Pemerintah Kabupaten Toba berkeinginan daerah ini yang memiliki wisata alam indah Danau Toba menjadi daerah wisata yang berkelas .

Hal ini disampaikan Bupati Toba , Poltak Sitorus dalam kunjungan kerjanya ke desa wisata Danau Toba, Desa Ompu Raja Hatulian, Kecamatan Laguboti, Kabupaten Toba pada Rabu (7/4/2021).

Menurut Bupati Poltak, untuk mencapai hal tersebut tentu perlu dukungan semua pihak.

“Akses (jalan) harus kita bangun , jalan penghubung pantai Danau Toba . Jalan ini akan digunakan para pejalan kaki,kenderaan sehingga bisa menikmati pantai dan danau. Yang mahal keindahan pantai dan danaunya,” sebut Bupati Poltak.

Ia juga pada kesempatan ini menyampaikan pertanyaan kepada para kepala desa sekitar Danau Toba di Laguboti apakah setuju mendukung pembangunan wisata berkelas.di Danau Toba.Secara serentak para Kades menjawab setuju mendukung.

Sebagai aksi dan rencana jalan desa terkait wisata ini akan diperlebar menjadi 15 Meter dengan dua jalur. Minggu depan akan turun alat berat jenis Buldoser.

Bupati Poltak juga mengingatkan para kades agar secara tegas menolak kalau warga mendirikan bangunan di pantai .

“Konsep membangun jangan membuat bangunan menghambat pemandangan ke pantai danau,” sebut Bupati Poltak

Diperoleh informasi bahwa Peraturan Desa Tentang Larangan Mendirikan Bangunan di Pantai sudah dibuat Desa Ompu Raja Hatulian dan Pardinggaran.

Selanjutnya Bupati Poltak mengingatkan agar semua pihak merawat keindahan Danau Toba dengan Sapta pesona diantaranya Aman,Tertib ,Rapi , Bersih, Ramah .

Soal kebersihan,Pemkab menawarkan program Tarhilala yaitu mengumpul kan sampah plastik yang sesudah dikumpul bisa dijual.

Selanjutnya sikap keramahan diterapkan dengan mengadopsi Adat Batak menghormati wisatawan layaknya hula hula (paman).

Jika sudah diterapkan maka akan timbul kenangan yang baik bagi wisatawan.Sehingga berulang kali kembali datang berwisata.

Pada bagian akhir, Bupati Poltak menginformasikan bahwa ia sudah mwnjinau akses jalan Meat ke Taput di pinggiran Danau Toba .

“Bahan terkait sudah ada ,nanti akan dibawa ke Musrenbang Provinsi Sumatra Utara,” tandas Bupati Poltak Sitorus.