Bupati Toba Sosialisasi Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 di HKBP Ulubius, Porsea

Bupati Toba, Ir. Poltak Sitorus melaksanakan sosialisasi edukasi tentang pencegahan dan penanggulangan Covid-19 di Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Ulubius, Kecamatan Porsea, Minggu, 15 Agustus 2021.

Sebelumnya ,Bupati Toba beserta rombongan mengikuti acara kebaktian minggu yang dipimpin oleh Pendeta Ruben Honasan Siregar S.Th yang dimulai pada pukul 10.00 WIB.

Sesaat sebelum renungan, Bupati Toba memberikan bimbingan dan arahan dihadapan warga jemaat HKBP Ulubius Resor Porsea.

Bupati Toba kembali mengingatkan akan pentingnya menerapkan protokol kesehatan (Prokes) seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas. Karena hanya dengan cara tersebut mata rantai penyebaran Covid-19 dapat diputus.

Lebih lanjut dikatakan, agar warga menunda pelaksanaan pesta adat pernikahan, cukup melaksanakan acara pemberkatan di Gereja.

Bupati Toba juga mengajak warga agar mengikuti proses Vaksinasi Cobid-19 yang akan dilaksanakan di setiap puskesmas, sebab tambahan dosis Vaksin Covid-19 sudah tiba dan sudah diterima oleh Pemerintah kabupaten Toba melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Toba.

Pemerintah kabupaten Toba sudah menyediakan ruangan isolasi terpusat di Rusunawa SMA unggul DEL yang merupakan hasil kerjasama Pemkab Toba dengan pihak DEL.

Kepada tetangga ataupun kerabat yang terpapar Covid-19 agar kita jangan mengucilkan mereka, tetapi harus memberikan semangat dan motivasi supaya mereka bisa lebih cepat pulih. Bisa juga mengantar makanan dan menyapa tetangga yang terpapar Covid-19 tentunya dengan menjaga jarak fisik.

Bupati Poltak juga mengharapkan kerjasama yang baik dengan pemuka dan pengurus Gereja agar melakukan sosialisasi dan mengajak seluruh jemaat untuk mematuhi imbauan yang sudah disampaikan di atas, terlebih jemaat HKBP adalah mayoritas dari beberapa Gereja yang ada di Kabupaten Toba.

” Apa yang disampaikan oleh Pendeta dan pengurus gereja biasanya selalu didengar oleh jemaat, oleh karenanya kami pemerintahan sangat mengharapkan kontribusi gereja dalam penanggulangan pandemi ini ,” tutur Bupati Poltak.

Turut mendampingi Ketua TP. PKK Kabupaten Toba, Ny Rita Marlina Poltak Sitorus, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sahat Simanullang, Kepala Bagian Pembangunan Sesmon Butarbutar, Kepala Bagian Organisasi dan Tatalaksana Sarman Marbun,dan Camat Porsea Robert Manurung .