Bupati Toba Siap Bantu Kelengkapan Alat Riset untuk Para Pelajar di Toba

MC – Toba , – Bupati Toba, Poltak Sitorus menyatakan, kesiapannya untuk mengupayakan alat-alat riset bagi para pelajar untuk pengembangan ilmu pengetahuan di Kabupaten Toba.

Walau dengan alat sederhana, para siswa yang berasal dari SMP N 1 Sigumpar,Toba mampu meraih juara di tingkat dunia.

“Kita bangga dengan hasil temuan beliau dengan alat-alat sederhana. Alat yang dibutuhkan beliau nanti akan kita dukung untuk riset-riset yang berikutnya.Inilah kebanggaan kita, masyarakat Toba punya pemikiran yang cemerlang dalam ilmu pengetahuan ini,”ujarnya di Pendopo Rumah Dinas Bupati Toba pada Senin (16/8/2021).

Menurutnya, jangan karena masalah fasilitas sehingga terhalang melakukan riset seperti ini.”Kita akan dukung, 100 persen, kita akan dukung,”imbuhnya.

Riset seputar Pohon Rimbang sebagai Pengemulsi Susu Kerbau membawa para siswa dari Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMP N) 1 Sigumpar, Kecamatan Sigumpar, Kabupaten Toba.

Dalam ajang tingkat dunia, SMP Negeri 1 Sigumpar meraih juara III dengan judul riset “Utility Rimbang (Solanum torvum) As Microemulsion Buffalo Milk”.

Guru pembina riset SMP N 1 Sigumpar, Roy Siagian mengisahkan bahwa pihaknya mengalami kekurangan alat dalam riset tersebut.

“Kita memang sangat minim dalam hal peralatan. Pertama, alat-alat kimia di laboratorium kita tidak mencukupi,” ujar Roy Siagian.

“Walaupun demikian, semangat kita tidak surut. Kualitas kegigihan para siswa yang membuat saya sebagai pengajar dan siswa tetap semangat dan yakin bahwa riset ini bisa memberikan pengaruh bagi masyarakat sekitar,”tambahnya.