Bupati Toba Serahkan Bantuan Benang di Silaen

Dalam rangka pengembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) yang bergerak di sektor tenun ulos yang terganggu akibat pandemi COVID-19, Pemerintah Kabupaten Toba menyerahkan bantuan benang tenun kepada penenun di Kecamatan Silaen Senin 15 Maret 2021 di Kqntor Kepala Desa Lumban Dolok.

Bantuan diserahkan langsung oleh Bupati Toba, Ir. Poltak Sitorus yang di dampingi oleh Ketua T.PKK (Tim Penggerak Kesejahteraan Keluarga) Ny. Rita Marlina Sitinjak dan Wakil Ketua T.PKK Ny. Erna br. Sihotang.

Bantuan Stimulus yang diserahlan berupa benang sirat 426 kg, benang biasa 232 kg, benang 100 (seratus) 45 kg dan benang putar 128 kg. Benang tersebut diserahkan kepada penenun yang ada di desa Lumban Dolok, Cinta Dame, Ombur dan Sigodang Tua.

Dalam arahannya Rita Marlina mengimbau penenun agar selalu bersemangat dan semakin meningkatkan kualitas tenun agar nantinya kain tenunan dari kecamatan Silaen dapat menembus pasar Nasional dan Internasional.

Selain itu Rita juga mengharapkan agar para penenun menerapkan Protokol Kesehatan yang di sudah buat oleh pemerintah dalam kegiatan sehari-hari dan menjaga keharmonisan rumah tangga.

Bupati Toba, Poltak Sitorus memberikan tantangan kepada penenun asal desa Lumban Dolok dan Desa Cinta Damai, untuk menenun kain Tumtuman dengan kualiatas yang baik.

“Nanti hasilnya akan di jadikan bahan promosi dan langsung dipakai oleh ibu ketua Dekranasdanda Kabupaten Toba dan Wakil Ketua Dekranasdanda kabupaten Toba dan akan di pasarkan secara Online” kata Poltak.

Poltak Sitorus juga mengakui bahwa kain Tumtuman asal Silaen akan mampu bersaing di pasar Nasional dan Internasional. Pemerintah akan berupaya memberikan pelatihan kepada penenun agar produk tersebut mampu diterima di pasar global.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*