Bupati Toba Serahkan Bantuan Alsintan kepada Kelompok Tani

MC – Toba, – Bupati Toba Poltak Sitorus menyerahkan 13 unit bantuan alat mesin pertanian (Prapanen) sumber dana APBN Hibah Kementerian Pertanian TA 2021 di UPTD Alsintan Laguboti, Kamis (23/9/2021).

“Bantuan bibit jagung yang kita bagikan beberapa waktu yang lalu sebanyak 50.04 Ton di lahan 3.336 ha, kita pastikan bibit tersebut adalah asli, Pioneer 32. Lalu bagaimana dengan peralatan, kita berterima kasih kepada Kementerian Pertanian atas bantuan yang kita terima saat ini,” sebut Bupati Poltak Sitorus didampingi Wakil Bupati Tonny M.Simanjuntak.

Bupati juga memotivasi para petani agar dapat meningkatkan hasil produktivitas hasil tanam melalui bantuan yang diberikan dan pemanfaatan lahan.

“Jangan dibiarkan lahan kita kosong tak memproduksi apa-apa, jangan biarkan jadi lahan tidur. Alat sudah diberikan, tolong digunakan lah, tidak ada gunanya alat ini jika tidak dipakai, buat menghasilkan, maka haruslah rajin, kerja keras, tarhilala,” katanya menegaskan.

Seluruh petani yang ada di Kabupaten Toba diharapkan dapat menjadi anggota kelompok tani.

“Saya tidak mau lagi ada masyarakat petani yang tidak masuk kelompok tani, karena bagaimana dia bisa makmur, apalah karena kurang edukasi, kurang pengarahan, ini tugas dari penyuluh,” sebut Bupati Poltak setelah tanya jawab dengan beberapa ketua Poktan yang hadir pada kesempatan itu

“Saya minta jika masih ada petani yang tidak mau masuk kelompok tani berarti penyuluh tidak berhasil maka silahkan mundur saja. Jangan biarkan, kita harus peduli dengan mereka, karena melalui itulah mereka bisa sejahtera,” katanya memerintahkan kepada penyuluh pertanian.

Kadis Pertanian dan Perikanan Toba TH Sitorus, dalam laporannya menyampaikan, 13 unit traktor bantuan Kementerian Pertanian kali ini diberikan kepada masyarakat dari beberapa desa.

“Sebanyak 13 unit terdiri dari 2 unit traktor roda 4, (6) hand traktor, (5) cultivator, hibah pemerintah pusat yang diberikan untuk meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat Toba,” sebut TH Sitorus.

Kelompok tani penerima bantuan alsintan disebutkan, alsintan roda 4 kepada 2 Poktan di Kecamatan Porsea dan Uluan.

Bantuan 5 unit cultivator kepada kelompok tani di Kecamatan Tampahan sebanyak 1 unit, (1) di Sigumpar, (1) Balige, (1) Silaen dan (1) Siantar Narumonda. Bantuan alsintan roda 2 sebanyak 6 unit, untuk Poktan di Porsea 3 unit, (1) Uluan, (1) Habinsaran dan (1) Balige.

Bantuan alsintan roda 4 secara simbolik diberikan kepada Kelompok Tani Maju dari Kecamatan Porsea dan Kelompok tani Sehati dari Kecamatan Uluan.