Bupati Toba Poltak Sitorus Terus Pacu Suksesi Tanam Serantak Di Kecamatan Ajibata

Disela-sela kesibukannya Bupati Toba Ir Poltak Sitorus bersama Wakil Bupati Tonny M Simanjuntak, SE dan Pj. Sekretaris Daerah Drs August Sitorus melakukan penjelasan agar secara bersama-sama seluruh masyarakat, stakeholder yang ada di seluruh wilayah Toba meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pola tanam 2 (dua) kali dan panen 2 (dua) kali bertempat di Aula Kantor Camat Ajibata, Minggu, 18 Juli 2022

Pemerintah harus hadir di tengah-tengah masyarakat untuk mengajak dan menghimbau meningkatkan kesejahteraan dan ketahanan pangan masyarakat Toba, tegas Bupati Poltak.

Mari semuanya berinovasi, bekerja keras dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi yg sudah ada, jadilah “petarung” untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat dengan cara kerja keras dan tetap selalu menyerahkan diri dengan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Sebelumnya Bupati Poltak Sitorus menyingung soal inflasi yang saat ini dialami Indonesia secara tahunan (year-on-year/yoy), bahwa akhir Juni 2022 sudah berada di 4,35%, lebih tinggi dibandingkan Mei 2022 yang 3,55% sekaligus jadi yang tertinggi sejak Juni 2017.

Oleh karena itu, tegas Bupati Poltak, agar rakyat Toba tidak terganggu pendapatannya atau perekonomiannya, maka pemerintah (Bupati, Wakil Bupati, Sekda dan seluruh Pimpinan OPD) serta semua aparatur perangkat desa harus hadir “memberdayakan atau mengajak” masyarakat secara bersama-sama bekerja keras mengubah mindset untuk meningkatkan pendapatan masyarakat.

Bupati juga menyebutkan bahwa ketika melintasi jalan menuju kantor camat terdapat areal pertanian padi yg menurut beliau hasilnya tidak akan maksimal karena kurangnya perawatan atau adanya serangan hama tikus.

Oleh karena itu, Bupati Poltak meminta Kepala Dinas Pertanian bersama seluruh aparaturnya dan perangkat desa, PPL segera lakukan pemeriksaan “apakah penyebabnya lahan sawah padi tersebut ada yang berlobang-lobang” atau bagaimana membasmi tikus.

Mari semuanya bergotong-royong, bersama-sama untuk mengajak masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan untuk rakyat, sambung Bupati Poltak.

Kadis pertanian memberikan penjelasan tentang tata cara pembasmian tikus yang selalu menyerang tanaman padi di areal pertanian, yakni dengan cara pengoplos setelah selesai panen secara serentak bersama-sama.

Saat ini hal yang bisa dilakukan secara bersama-sama adalah dengan membuat perangkap tikus atau meracuni tikus.

Selanjutnya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, kita juga secara bersama-sama untuk meningkatkan pendapatan masyarakat dengan membuat inovasi, dan kreativitas melalui pola tanam serantak 2 (dua) kali dan panen 2 (dua) kali.

Gunakan teknologi dan kreativitas, ikkon hirma hodokmu mangalui sipanganonmu (red: bekerja keras dan berdoa kepada Tuhan yang kita yakini) agar diberkati segala usaha dan aktivitas kita masyarakat Toba.

Akhir pertemuan tokoh masyarakat Ajibata Tuan Nasser Sirait dan 3 (tiga) orang perwakilan kelompok tani dan masyarakat Desa bermohon agar infrastruktur jalan menuju kantor camat untuk dapat diperbaiki.

Turut hadir mendampingi rombongan, Plt. Asisten Pemerintahan Eston Sihotang, Asisten Ekbang Jhoni DP Lubis, Plt. Asisten Adm umum Very Napitupulu, Kadis Pertanian TH Sitorus, Plt. Kadis Kominfo Sesmon TB Butarbutar, Kadis Kesbangpol Job Brostito Sianipar, Plt. Kasatpol Pol PP Harianto Butarbutar, Kabag Protokol Pimpinan Try Sutrisno dan tamu undangan lainnya.

website - sekabet -

Sağlık Makaleleri