Bupati Toba Poltak Sitorus Meninjau Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer di SMP Negeri 3 Balige

Untuk terus memperbaiki kualitas pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengeluarkan kebijakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang bertujuan untuk memetakan sekaligus mengevaluasi mutu pendidikan di Indonesia.

Bupati Toba Poltak Sitorus pada Senin (19/9/2022) meninjau pelaksanaan ANBK di SMP Negeri 3 Balige yang berlokasi di Desa Lumban Pea, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba.

Dalam kunjungannya, Bupati Toba meninjau secara langsung para siswa/i yang sedang mengikuti asesmen secara online di ruangan khusus yang disediakan oleh SMP Negeri 3 Balige.

Didampingi oleh Kadis Pendidikan Toba Rikardo Hutajulu, Bupati Toba memastikan siswa mengikuti asesmen dengan baik dan dilengkapi fasilitas ujian yang memadai.

Di jenjang SMP, ANBK berlangsung pada 19-22 September 2022. Peserta yang mengikuti ANBK adalah siswa yang duduk di kelas 8 dan dipilih secara acak oleh Kemendikbud.

Dilansir dari laman Kemendagri, ada 3 instrumen penilaian yang dilakukan pada saat ANBK yaitu Asesmen Kompetensi Minimum, Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar. Nantinya hasil ANBK akan menghasilkan informasi untuk memantau pengembangan mutu pendidikan dari waktu ke waktu.

Dalam kunjungannya, Bupati Toba Poltak Sitorus menyampaikan pesan kepada Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Balige Jimson Simanullang agar asesmen diikuti sesuai aturan, agar hasilnya bisa dijadikan bahan evaluasi untuk pendidikan di Toba.

“Pastikan supaya asesmen ini berjalan sesuai aturan, supaya kita tahu evaluasinya bagaimana dan upayakan agar peserta didik kita bisa masuk sekolah unggulan yang ada di Toba,” kata Poltak.

Turut hadir mendampingi Bupati Toba, Plt Kadis Kominfo Toba Sesmon Butarbutar dan Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Try Sutrisno Pandapotan Samosir, Kabid. PIKP Rikardo Simamora. (MC Toba pkp)

website - sekabet -

Sağlık Makaleleri