Bupati Toba: Pilkades Harus Sesuai Prokes

MC – Toba,– Walaupun situasi pandemi COVID-19,nanti pelaksanaan pemilihan kepala desa di Kabupaten Toba tahun 2021 ini harus tetap sesuai dengan protokol kesehatan (Prokes) pencegahan COVID-19.

Hal ini disampaikan Bupati Toba, Poltak Sitorus saat membuka  acara Bimbingan teknis penyelenggaraan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) Kabupaten Toba, di Pendopo Rumdis Bupati Toba, Selasa,(5/10/202).

Turut hadir mendampinginya Wabup Toba,Tonny M.Simanjuntak , dan para narasumber.Selanjutnya Poltak menyatakan, PPKD dan BPD mempunyai peran penting dalam suksesnya pelaksanaan Pilkades.

Ia juga berharap, Pilkades akan menghasilkan pemimpin berkualitas.”Pemilihan kepala desa bukan hanya untuk memilih kepala desa,akan tetapi bagaimana menghasilkan kepala desa terpilih yang berkualitas dan dapat memajukan desanya serta  menyejahterakan masyarakatnya untuk enam tahun pemerintahan kepala desa,”imbuhnya.

Sebagai bahan materi pada bimtek, di antaranya persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi bakal calon kepala desa diantaranya, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), NPWP dan pesyaratan lainnya sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku dalam tahapan pilkades.

Narasumber bimtek melibatkan Polres Toba, KPP Pratama Balige, Badan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah, Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil dan Dinas Pendidikan.

Bimtek berlangsung aman dan lancar dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19 oleh peserta bimtek yakni BPD dan PPKD dari 41 desa di Toba yang akan menyelenggarakan pilkades.turut juga dihadiri para Camat dari desa yang bersangkutan menyelenggarakan pilkades.

Usai tahapan bimtek, tahapan selanjutnya adalah pengumuman jadwal pendaftaran dan syarat bakal calon kepala desa.Pendaftaran dan penyerahan berkas bakal calon kepala desa yakni pada tanggal 20 hingga 24 Oktober 2021 mendatang.

“Kami berharap, seluruh tahapan dapat berlangsung lancar dan aman sesuai peraturan perundang-undangan, serta menaati seluruh tahapan sesuai Keputusan Bupati Toba,”kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Perempuan dan Perlindungan Anak melalui Saut Sihombing, selaku Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat kepada MC Toba seusai acara.

Ditambahkannya,pilkades serentak di Kabupaten Toba akan dilaksanakan oleh 41 desa dimana tahapan pemungutan dan penghitungan suara akan berlangsung pada 14 Desember 2021 dan penetapan kepala desa terpilih,15 Desember 2021 mendatang.