Bupati Toba Meninjau PTM Terbatas di Laguboti

MC – Toba, – Bupati Toba Poltak Sitorus meninjau langsung pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas di SMA Negeri 1 Laguboti dan SMK Negeri 1 Laguboti, Kabupaten Toba, Sumatra Utara, Rabu (29/9/2021).

Dalam peninjauan tersebut, bupati didampingi Alfred H. Silalahi, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Balige Sumut, dan Kasi SMA/PK, Kasi SMK, Sekretaris Dinas Pendidikan Toba Rikardo Hutajulu, serta Camat Laguboti Pintor Pangaribuan.

Bupati Poltak Sitorus berpesan kepada siswa SMA Negeri 1 Laguboti agar tetap waspada dalam melaksanakan PTM Terbatas.

“Selalu pakai masker baik di sekolah maupun di rumah. Setelah pulang sekolah tidak usah berkumpul dengan teman, tapi langsung pulang ke rumah. Setelah tiba di rumah langsung mandi,” sebut dia, kepada siswa di SMA Negeri 1 Laguboti.

Ia juga berpesan agar tetap menjaga belajar keras walaupun dalam masa pandemi COVID-19 ini.

Sebelumnya, Bupati Toba dan rombongan disambut langsung oleh Kepala SMA Negeri 1 Laguboti, Jelarwin Dabutar, M.Pd.

Jelarwin menyampaikan bahwa, PTM Terbatas dilaksanakan sesuai dengan Protokol Kesehatan. Pembelajaran Tatap Muka diikuti 50 persen dari sejumlah siswa dalam satu rombongan belajar. Pembelajaran juga diikuti secara live oleh siswa yang belajar dari rumah.

Dari SMA Negeri 1 Laguboti, Poltak Sitorus dan rombongan melanjutkan kunjungan monitor ke SMK Negeri 1 Laguboti dan disambut langsung oleh Mutiha Hutajulu, M.Pd selaku Kepala Sekolah.

Kepada siswa SMK Negeri 1 Laguboti, Bupati Toba menyampaikan pesan agar anak-anak mau membantu pemerintah untuk sama-sama memberantas penularan COVID-19 dengan selalu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak,dan menghindari kerumunan.

“Kami berharap anak-anak kami dapat menjadi duta kepada keluarga dan teman-teman yang tidak menggunakan masker. Pandemi COVID-19 tidak menjadi penghalang bagi kita untuk berhasil, harus belajar keras sehingga nantinya sukses dalam bekerja, melanjutkan atau berwirausaha,” harap bupati.

Selanjutnya Kacabdis Balige Alfred Silalahi menyampaikan bahwa, SMA Negeri 1 Laguboti merupakan salah satu SMA favorit di Kabupaten Toba. Hampir 50 persen lulusannya diterima di berbagai PTN dan PT Terbaik di Indonesia.

“Lulusan Terbaik untuk Fakultas Teknik Pertanian di UGM dan Fakultas Ekonomi Bisnis IPB Bogor tahun 2021 berasal dari Kabupaten Toba yang juga merupakan alumni SMA Negeri 1 Laguboti,” sebut Alfred memotivasi para siswa.

PTM Terbatas dilaksanakan berdasarkan Instruksi Gubernur Sumatra Utara Nomor 188.54/39/INST/2021 tentang Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas dalam Masa Pandemi COVID-19 di Provinsi Sumatra Utara, dan Surat Edaran Bupati Toba nomor 4711 tahun 2021 tentang Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas dalam masa Pandemi COVID-19 di Kabupaten Toba.

Sejumlah SMA, SMK dan SLB Negeri/Swasta se-Kabupaten Toba kecuali sekolah yang berada di Kecamatan Balige telah melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas sejak Senin, 27 September 2021.