Bupati Toba Mengajak Warga Jemaat HKBP Mau Berubah Lebih Baik

Bupati Toba, Poltak Sitorus mengajak masyarakat dan warga jemaat Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) se-Distrik XI Toba Hasundutan supaya mau berubah ke arah yang lebih baik dalam hal peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), menerapkan salam Batak Naraja saat menyambut wisatawan,
memanfaatkan lahan kosong untuk bercocok tanam dan memelihara kebersihan lingkungan.

Hal ini disampaikan Bupati Poltak Sitorus dalam arahannya pada Pesta Puncak Perayaan Tahun Kesehatian Gereja HKBP Balige dan HUT ke-68 HKBP Distrik XI Toba Hasundutan, di Balige, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatra Utara, Minggu (13/11/2022).

Bupati Poltak, sebelumnya menyampaikan ucapan selamat dan sukses atas peresmian Bangunan Klinik Pratama Saroha, Pesta Puncak Perayaan Tahun Kesehatian Gereja HKBP Balige dan HUT ke-68 HKBP Distrik XI Toba Hasundutan.

Menurut Bupati Poltak Sitorus, sekaitan ajang internasional Formula-1 Balap Perahu Motor (F1H2O) Danau Toba di Balige pada tanggal 24-26 Februari 2023, kemungkinan besar hotel, penginapan tidak akan cukup menerima ribuan wisatawan tinggal di Balige. Jadi masyarakat harus ikut bersiap mengambil peluang dengan menyediakan penginapan ala home stay.

Kemudian agar menerapkan salam
Batak Naraja dengan menempelkan sepuluh jari, meletakkan di dada, menundukkan kepala sembari mengucapkan kata horas kepada wisatawan yang kita perlakukan menjadi kerabat dalam Batak yaitu, Tulang dan Nantulang yang sangat dihormati.

Selanjutnya untuk perlu peningkatan SDM. Bupati mengatakan SDM masih rendah dalam hal pelayanan. Bila dibandingkan maka Bali di angka 100 dan Toba masih angka 1.

“Ayo mau berubah. Seperti khotbah
pendeta yang mengatakan change or die artinya berubah atau mati. Mari berubah, hari ini adalah hari perubahan. Kalau ada perubahan, berkat sudah tersedia,” kata Bupati Poltak Sitorus.

Pemkab Toba, lanjutnya, juga mendorong masyarakat memanfaatkan lahan kosong atau halaman rumah dengan menanam tanaman. Warga jemaat dipersilakan mengambil bibit cabai yang disediakan di lokasi acara.

Hal berikutnya disampaikan agar masyarakat jangan membuang sampah secara sembarangan. Selain untuk kebersihan lingkungan juga untuk mencegah penyakit seperti demam berdarah.

Pada bagian akhir arahannya kembali disampaikan peningkatan SDM sejak usia SD dan SMP. Pelajar SMP agar berusaha masuk ke SMA unggulan yang ada di Toba yaitu Del atau Yayasan TB Soposurung.

“Untuk berubah lebih baik. Lulusan SMA unggul nantinya kemungkinan besar masuk ke perguruan tinggi terbaik dan setelah lulus nanti akan memperoleh pekerjaan terbaik di Indonesia. Nasib keluarga akan berubah,” katanya.

Apabila masuk ke SMA unggulan tersebut tetapi orang tuanya tidak mampu maka Pemkab Toba akan memberikan bea siswa.

Selanjutnya Bupati Poltak Sitorus memberikan tali asih kepada jemaat dari kalangan para pelajar yang meriah juara 1-3 di sekolah.

“Para juara tetap semangat belajar supaya Toba Unggul dan Bersinar. Kiranya Tuhan memberkati kita semuanya,” katanya mengakhiri arahannya di hadapan jemaat HKBP se-Distrik XI Toba Hasundutan.

Turut hadir Kepala Departemen Marturia HKBP, Pdt. Daniel Taruliasi Harahap, MTh, yang juga menyampaikan khotbah pada ibadah gereja.

Sebelumnya Wakil Bupati Toba, Tonny M.Simanjuntak yang juga sebagai Ketua Umum Pelaksana Pesta, didampingi Ketua Pelaksana Ir. Tua Pangaribuan, dan Sekretaris Umum St.Mangapul Siahaan menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Bupati Poltak Sitorus, Kapolres Toba dan para undangan. Wabup Tonny juga memperkenalkan sekaligus mempersilakan tamu istimewa yang menamakan diri Sangkakala – Kelompok para pemusik tiup gereja memainkan sebuah lagu.

Kemudian St.Mangapul Siahaan menjelaskan berbagai kegiatan yang dilaksanakan diantaranya kerja sama dengan pemerintah melalui Dinas Pertanian dalam pelatihan pembuatan kompos, pembagian bibit pohon durian, jengkol, petai dan alpukat serta kontes kebersihan gereja.

Turut hadir Kapolres Toba, AKBP Taufiq Hidayat Thayeb, Anggota DPRD Kabupaten Toba, Frans Hendrik Tambunan, Praeses Distrik Toba Hasundutan, Pdt. Same Siahaan, Sekretaris Distrik Pdt Halomoan Marpaung, Pendeta HKBP Balige, Pdt Antoni Manurung Sekdakab Toba, Augus Sitorus, dan perwakilan unsur Forkopimda Toba.

Asisten Setdakab Toba, sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah, Kabag Setdakab Toba, Camat Balige, dan undangan lainnya.

Dalam pesta ini juga dirangkai dengan Mossak Batak dari Gubuk Kreasi Bolang Toba, tortor Batak panitia dan undangan serta persembahan tortor dari anak sekolah minggu. (MC Toba)

website - sekabet -

Sağlık Makaleleri