Bupati Toba Melantik BPD 3 Kecamatan, Sebagian Secara Virtual

MC – Toba, – Bupati Toba Ir.Poltak Sitorus melantik 8 Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di 3 Kecamatan yaitu Tampahan, Silaen, dan Borbor di Kantor Bupati Toba, Jumat (10/9/2021).

BPD yang hadir adalah sejumlah perwakilan, sementara yang lainnya dilantik secara virtual.

Bupati Poltak Sitorus dalam naskah pelantikan mengutarakan dengan resminya melantik BPD periode 2021-2027, diharapkan dapat melaksanakan  tugas dan pelayanan masyarakat sebagai mitra dari kepala desa.

Bupati Poltak juga menambahkan bahwa BPD berfungsi sebagai pengawas di desa. Diharapkan juga dapat menggali potensi desa serta ikut berperan dalam membuat peraturan desa.

Dengan berpedoman dana desa juga harus dapat menambah peningkatan pembangunan di desa dengan berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan masing-masing.

“Kami yakin tanda kunci sukses untuk mewujudkan Toba Unggul dan Bersinar kami percayakan kepada BPD.Kami juga menyadari dalam. tugas pasti ada beda pendapat dalam hal tersebut real berdemokrasi di desa serta harus saling mengingatkan dapat bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat desa masing-masing,” sebutnya.

Keberadaan BPD harus berada di koridor sebagai mitra daripada kepala desa.

Kepada BPD diharapkan juga agar menghayati sumpah janji dalam perencanaan pembangunan desa . Disosialisasikan gerakan tarhilala (memanfaatkan waktu dan sampah daur ulang) agar dapat bermanfaat serta menghasilkan uang.

“Kami sangat mengharapkan untuk ikut berperan dalam pencegahan Covid-19 mengikuti prokes demikian saya sampaikan selamat bertugas kepada BPD yang baru,” kata Bupati.

Untuk diketahui sesuai dengan keputusan Bupati Toba nomor 501 tahun 2021 tentang pengesahan BPD di Kecamatan Tampahan, Borbor dan Silaen diharapkan kinerja BPD dapat bekerja dengan sebaik-baiknya.

Turut hadir pada acara ini Wakil Bupati Tonny M.Simanjuntak ,Sekda Audi Murphy O.Sitorus, Kadis PMD PPA Henry Silalahi, Camat Tampahan Freddy Panjaitan, Sekcam Borbor Napitupulu, dan rohaniawan.