Bupati Toba Lantik 86 Orang BPD di Kecamatan Uluan

Bupati Toba, Poltak Sitorus mengambil sumpah/janji dan melantik anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kecamatan Uluan, Kabupaten Toba untuk masa bakti 2021–2027.Pelantikan digelar di Gedung Serba Guna Kantor Camat Uluan, Kamis (17/6/2021).

Adapun BPD yang dilantik berjumlah 86 orang dan akan bertugas di masing-masing desa yang meliputi BPD Siregar Aek Nalas, Sigaol Timur, Sigaol Barat, Partoruan Janji Matogu, Partor Janji Matogu, Parik, Parhabinsaran Janji Matogu, Parbagasan Janji Matogu, Marom, Lumban Nabolon, Lumban Holbung, Lumban Binanga, Doloksaribu Lumban Nabolon, Doloksaribu Janji Matogu, Dolok Nagodang, dan Sampuara.

Bupati Poltak Sitorus, dalam arahannya menyampaikan bahwa fungsi dari BPD adalah menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa, membahas dan menyepakati rancangan kebijakan desa bersama pemerintah desa serta melakukan pengawasan terhadap kebijakan kebijakan yang dijalankan.

Selain itu, Bupati Toba juga menambahkan agar BPD dapat menggali potensi desa dengan membuat peraturan desa yang berpijak dan berpihak pada adat istiadat dan budaya desa masing-masing, sehingga kebijakan dan peraturan desa dapat dipergunakan sebagai pedoman dalam penyelenggaraan pemerintahan desa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Berikanlah segala tenaga dan pikiran untuk pembangunan kecamatan Uluan yang kita cintai ini, secara khusus pembangunan di desa masing-masing,”imbuhnya.

Lebih lanjut, Bupati Poltak Sitorus menambahkan, BPD bersama-sama dengan kepala desa harus mampu menjaga iklim yang kondusif dengan menciptakan suasana kerja yang baru dan lebih meningkatkan hubungan kerjasama sebagai mitra kerja antar BPD dan pemerintah desa serta dalam hal perbedaan pendapat yang timbul hendaknya mengedepankan kepribadian “Batak Naraja” yaitu batak namarugamo, maradat, maruhum, marparbinotoan demi mewujudkan Toba Unggul dan Bersinar.

Bupati juga meminta BPD sebagai wakil masyarakat agar menghayati dan mengamalkan sumpah yang telah diucapkan, mendengarkan aspirasi masyarakat dan memberdayakan untuk senantiasa berperan aktif dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan desa, memberikan perhatian yang sungguh-sungguh terhadap permasalahan yang muncul ditengah tengah masyarakat, serta mensosialisasikan gerakan”Tarhilala” dengan mengajak warga di desa masing-masing untuk memanfaatkan hal hal yang kecil seperti tempat, benda, atau barang dan waktu agar lebih bermanfaat dan menghasilkan.

Sebelum menutup arahannya, Bupati Poltak Sitorus juga tidak lupa menyampaikan ucapan selamat kepada anggota BPD yang telah dilantik agar dapat menunaikan kewajiban dengan baik.

“Selamat kepada seluruh anggota BPD yang dilantik hari ini. Selamat melaksanakan tugas, amanah dan tanggungjawab untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” sebut Bupati Poltak Sitorus mengakhiri sambutannya.(MC Toba /hms)