Bupati Toba Lantik 109 BPD 4 Kecamatan secara Virtual

Bupati Toba Poltak Sitorus melantik 109 orang Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dari 4 Kecamatan di Aula Lantai IV kantor Bupati Toba. Anggota BPD yang baru dilantik tersebut berasal dari 19 desa, yaitu Kecamatan Tampahan (2 desa), Porsea (1 desa), Ajibata (9 desa) dan Pintupohan Meranti (7 desa) pada hari Selasa, 24 Agustus 2021.

Mengingat kasus covid-19 yang terus bertambah setiap hari di kabupaten Toba, pelantikan BPD tersebut dilaksanakan secara virtual. Anggota BPD mengikuti acara pelantikan di desa atau berkumpul di Kecamatan masing-masing, sehingga yang mengikuti pelantikan di Lantai IV kantor Bupati Toba hanya perwakilan saja sebanyak 5 orang. Anggota BPD disumpah di bawah kitab suci, dihadapan pemuka agama sesuai dengan kepercayaan masing-masing.

Bupati Toba dalam sambutannya mengucapkan selamat dan sukses atas Pelantikan BPD terpilih periode 2021-2027. Bupati Toba berharap, agar anggota BPD yang baru dilantik dapat menggali potensi yang ada di desa sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa masing-masing.

Lebih lanjut dikatakan, agar anggota BPD dapat menciptakan suasana kerja yang baru di desa masing-masing.

“dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya hubungan antara BPD dan pemerintah desa sudah barang tentu ada perbedaan pendapat hendaknya selalu mengedepankan kepribadian Batak Na’ Raja untuk saling mengingatkan dan saling melengkapi guna menghasilkan kebijakan yang terbaik dan bermanfaat di desa saudara,” kata Bupati Toba.

Bupati Toba juga meminta agar anggota BPD yang baru dilantik dapat mensosialisasikan Gerakan Tarhilala di desa masing-masing. Gerakan Tarhilala tersebut seperti memanfaatkan hal-hal kecil, menanam jagung, mengumpulkan sampah dan menjualnya ke Bank sampah agar lebih bermanfaat dan menghasilkan yang positif.

“Dengan semakin maraknya kasus Covid-19 di Kabupaten Toba, Kami sangat mengharapkan dukungan dari bapak ibu BPD terpilih untuk ikut serta mengedukasi atau mensosialisasikan kepada masyarakat di desa masing-masing terkait pencegahan penularan Covid-19 di Kabupaten Toba melalui Protokol Kesehatan dengan ketat,” tambah Bupati Toba.

“Selamat bertugas kepada yang baru dilantik, kiranya Tuhan yang Mahakuasa selalu membimbing dan memberkati kita semua dalam melaksanakan tugas dan pengabdian pada Bangsa, Negara dan Masyarakat, Khususnya masyarakat Toba yang kita cintai dan banggakan,” Kata Bupati Toba mengakhiri sambutannya.

Turut menghadiri Pelantikan Wakil Bupati Toba Tonny M Simanjuntak, Sekretaris Daerah Toba Audi Murphy Sitorus, Plt. Asisten I Tito Siahaan, Kadis PMD-PPA Henry Silalahi, para Camat anggota BPD terkait, Rohaniawan dan pejabat lainnya.