Bupati Toba Kunjungi Desa Wisata -Tarabunga,Tampahan

MC Toba- Untuk mendengar langsung aspirasi dan keluhan masyarakatnya, Bupati Toba Poltak Sitorus melakukan kunjungan kerja ke desa wisata -Desa Tarabunga,Kecamatan Tampahan,Kamis, 8 Juli 2021.

Setibanya di lokasi Rumah Pohon – spot pemandangan indah alam Danau Toba- Bupati Poltak Sitorus langsung meninjau hasil kerajinan tangan para perajin berupa rumah adat dari beberapa suku di Indonesia, gantungan kunci, miniatur kapal dan kerajinan lainnya yang terbuat dari kayu.

Bupati Poltak Sitorus juga membeli dan mencicipi makanan ringan berupa kerupuk pisang. Penjual makanan ringan meminta ke bupati agar produk mereka bisa mendapatkan label atau merek.

Selanjutnya membagikan kepada para lansia yang baru selesai melaksanakan kegiatan senam di tempat yang sama

Dihadapan para lansia ,Bupati Poltak bersenda gurau dengan mereka, meskipun banyak yang belum mengenal atau belum tahu yang menyapa mereka adalah Bupati Toba.

“Saya datang kesini untuk mendengar keluhan kalian orang tua kami,” sebut Bupati Toba kepada para lansia.

Ibu-ibu lansia pun menyampaikan keluhan mereka yaitu tentang pelayanan bidan desa yang dianggap kurang baik ataupun kurang ramah. “Hudokkon pe annon dah (Nanti akan saya tegor ),” kata Bupati Toba menenangkan lansia.

Seterusnya sebelum memasuki ruang rapat di Kantor Kepala Desa Tarabunga, Bupati Poltak juga mengajak masyarakat untuk bergotong royong membersihkan tanah lapang ataupun pekarangan demi kebersihan lingkungan, juga agar terhindar dari berbagai macam penyakit seperti malaria.

Sesaat sebelum memasuki kantor kepala desa, Bupati Poltak dan rombongan disambut dengan tari-tarian remaja putri dari Sanggar Tari Desa Tarabunga. Bupati juga ikut menari bersama dengan remaja tersebut dan memberikan saweran untuk memotivasi mereka.

Dalam rapat Bupati menyerahkan karung plastik secara simbolis kepada Kepala Desa Tarabunga, Robert F.H Siahaan yang nantinya akan dibagikan kepada warga desa masing-masing 2 buah per kepala keluarga. Yaitu satu untuk sampah organik dan satu untuk sampah anorganik. Karung plastik ini akan ditaruh atau dipaku di belakang rumah masing-masing warga. Bupati juga meminta kepada Kepala Puskesmas Tampahan agar dapat memperbaiki kinerja jajarannya.

Seusai rapat, Bupati Poltak menghampiri ibu-ibu yang ada di Posyandus setempat untuk mendengar keluhan mereka. Sebagai desa wisata ,kaum ibu meminta agar di desa mereka disediakan tempat untuk les belajar Bahasa Inggris. Kaum ibu yang sedang memiliki Balita dan ibu hamil juga mengharapkan agar bantuan seperti susu dapat dibagikan kepada mereka. Selain itu dikeluhkan juga kurangnya obat-obatan atau vitamin di Polindes.

Menanggapi hal tersebut Bupati Poltak menghubungi langsung Kadis Kesehatan Toba via telepon seluler untuk dapat melengkapi persediaan obat.

Turut hadir Kadis PMD PPA Toba Henri Silalahi, Kadis Perindagkop Toba Camat Tampahan Freddy Panjaitan, dan sejumlah pejabat lainnya. (MC Toba)