Bupati Toba Imbau ASN Menjadi Teladan Cegah COVID-19

MC – Toba, – Bupati Toba Poltak Sitorus berharap Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Toba dapat menjadi teladan dalam pencegahan penyebaran COVID-19 di Kabupaten Toba.

“ASN juga sekaligus menjadi motor penggerak edukasi kepatuhan terhadap protokol kesehatan ditengah masyarakat,” ujar Poltak Sitorus, Kamis (29/7/2021).

Hal itu disampaikan Bupati Toba sekaitan menindaklanjuti Surat Edaran Menpan RB RI Nomor 16 Tahun 2021 tanggal 26 Juli 2021, tentang Penyesuaian Sistem Kerja Pegawai ASN selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di masa pandemi COVID-19.

Dan Nomor 17 Tahun 2021 pada tanggal 26 Juli 2021 tentang Gerakan Pegawai ASN Displin Protokol Kesehatan sebagai teladan dalam pencegahan penyebaran COVID-19.

Selanjutnya, Surat Edaran Menpan RB itu diteruskan melalui Surat Edaran Bupati Toba Nomor 440/3310/Satgas/Covid-19/2021 tentang Penyesuaian Sistim Kerja dan Gerakan Pegawai ASN Displin Prokes Sebagai Teladan Dalam Pencegahan Penyebaran COVID-19 di Kabupaten Toba.

Surat edaran ini telah diberlakukan sejak 28 Juli 2021 hingga berakhirnya kebijakan PPKM.

Dalam Surat Edaran Bupati Toba ini, Pimpinan Perangkat Daerah Kabupaten Toba dapat melakukan pembagian waktu kerja dengan cara work from house (wfh) sebesar 25% dan work from office(wfo) sebesar 75% dari jumlah ASN di OPD masing-masing.

Disebutkan juga agar serta memperhatikan pelaksanaan penyesuaian sistem kerja, tidak mengganggu penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat.

Selanjutnya Gerakan ASN Disiplin Prokes agar selalu menerapkan gerakan 5M di lingkungan kerja maupun di luar.

Sehingga,kata Bupati Poltak Sitorus, terwujud ASN yang teladan dimata masyarakat, sekaligus dapat menjadi edukasi bagi masyarakat lain untuk selalu menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan.