Bupati Toba Hadiri Peresmian Rumah Moderasi Beragama di IAKN Tarutung

Bupati Toba, Poltak Sitorus menghadiri peresmian Rumah Moderasi Beragama Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung di Sipoholon, Kabupaten Tapanuli Utara, Sabtu (20/8/2022).

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas juga disaksikan Rektor IAKN Tarutung, Prof.Dr.Albiner Siagian, Pengurus pusat, dan wilayah GP Ansor, Ketua GP Ansor Sumut Adlin Umar Yusri Tambunan, para civitas academica IAKN Tarutung, Kepala Kantor Kemenag daerah setempat, dan undangan lainnya.

Menteri Yaqut Cholil Qoumas dalam kata sambutannya mengatakan pihaknya akan memfasilitasi hal transformasi IAKN menjadi Universitas Kristen Negeri Tarutung.

Ia pun mengajak semua pihak bersinergi mendorong perubahan institut ini menjadi universitas. Komunikasi lanjutannya juga akan dibuka dengan Bupati Tapanuli Utara dan Bupati Toba. Di Toba, Pemkab Toba akan mencarikan lahan sekitar 10 Ha, di sana akan dibangun satu fakultas begitu juga daerah lainnya yang se-kawasan.

Dilanjutkan, jika semua telah disiapkan ia akan segera menandatanganinya (menjadi universitas)

Sebelumnya Rektor Prof.Dr.Albiner Siagian menyambut hangat kehadiran Menteri Agama dan rombongan.

Dikatakan bahwa sejarah IAKN Tarutung berhubungan dengan julukan daerah pendidikan, salah satu lulusannya, tokoh terkenal Dr. Ferdinan Lumbantobing.

Pihaknya siap membenahi diri agar cita-cita terwujud dan mendukung program menteri dengan menjadikan kampus sebagai pusat studi budaya agama rumah dan moderasi beragama.

Turut hadir mendampingi Bupati, Plt.Sekdakab Toba Augus Sitorus, Staf ahli bupati Darwin Sianipar, Plt.Asisten Administrasi Verry S.Napitupulu, Inspektur Kabupaten Toba Wallen Hutahaean, Plt.Kadis Kesehatan dr. Juliwan Hutapea, Plt.Kadis Kominfo Sesmon TB Butarbutar, Kabag Kessos Tanda Dongoran, dan Kabag Protokol Komunikasi Pimpinan Try Sutrisno P. Samosir. (MC Toba)

website - sekabet -

Sağlık Makaleleri