Bupati Toba Hadiri Napak Tilas Prof. DR. Midian Sirait

Bupati Toba Poltak Sitorus hadiri Napak Tilas  Perjuangan Profesor DR. Midian Sirait di Gedung Induk Aula Yayasan Tenaga Pembangunan (TP) Arjuna Laguboti, Kecamatan Laguboti, Jumat, 10 September 2021.

Napak Tilas Perjuangan Profesor DR. Midian Sirait dengan Tema ” Mendirikan Lembaga Pendidikan Arjuna, Mengiringi Pembangunan di Wilayah Toba.

Pada acara tersebut Bupati Toba menyampaikan bahwa Pendidikan merupakan kunci kemajuan suatu bangsa dan tidak ada bangsa yang maju tanpa didukung pendidikan yang kuat.

Lebih lanjut dikatakan, tidak banyak pihak swasta yang memberikan perhatian terhadap pendidikan sebagai pencipta SDM, khususnya di daerahnya, berbeda dengan Almarhum Prof. DR. Midian Sirait, seorang Guru Besar Ilmu Kimia bahan alam di ITB yang pernah menerima medali HERMANN TOMMS dari perkumpulan ahli Farmasi Jerman dan mendirikan yayasan TP Arjuna Laguboti, sehingga wajar kalau beliau disebut sebagai Tokoh Pendidikan Indonesia.

“Pemerintah Kabupaten Toba sangat mengapresiasi Tokoh Pendidikan Bapak Prof. Midian Sirait yang telah berhasil mengiringi pendidikan di wilayah nusantara dan kawasan Toba khususnya, Kami mengharapkan kiranya para penerus beliau dapat meneruskan cita-cita tulusnya dalam mencipta SDM yang berkualitas,” kata Bupati Toba mengakhiri sambutannya.

Sebelumnya, Sinta Sirait Putri Alm. Profesor Midian Sirait menyampaikan bagaimana perjuangan Prof. Midian Sirait semasa hidupnya dan sejarah berdirinya Yayasan TP Arjuna, beberapa tantangan kedepan yang dihadapi yayasan TP. Arjuna diantaranya, Peremajaan peralatan laboratorium, peremajaan gedung kelas dan prasarana lainnya, pelatihan dan sertifikasi dosen dan guru, pemenuhan semua persyaratan akreditasi dan Komitmen dosen, guru, kepala unit, pengurus, pengawas dan pembina Yayasan TP. Arjuna dengan menjalankan perannya masing-masing, termasuk mencari sumber dana, sehingga Yayasan TP. Arjuna bukan hanya sebagai yayasan perintis, akan tetapi Yayasan pendidikan yang mampu bersaing dengan sekolah lain sesuai dengan perkembangan zaman.

Sinta juga berharap kiranya agar Pemkab tetap selalu memberikan arahan yang membangun untuk kemajuan TP Arjuna hal-hal apa yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan, “Jadi komitmen kami adalah bagaimana memperbaiki bukan hanya dari luarnya, karena yang sulit bukan hanya bangunan, akan tetapi sumber daya manusianya agar dapat bersaing diluar sana” kata Sinta.

Turut menghadiri acara Napak Tilas, Wabup Toba Tonny M Simanjuntak, Sekretaris Daerah Toba Audi Murphy Sitorus, mewakili DPRD, mewakili Kejari, unsur TNI dan Polri, Camat Laguboti, Kepala Desa setempat dan undangan lainnya.